Bisnis
·
25 Februari 2021 18:58

Apa Itu Ekuitas? Cek Penjelasannya di Sini!

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Apa Itu Ekuitas? Cek Penjelasannya di Sini! (85477)
Ilustrasi Apa Itu Ekuitas?, Foto: Dok. freepik.com
Apa itu ekuitas? Mungkin kata-kata ini masih terdengar cukup asing bagi masyarakat awam. Sebab, ekuitas biasa digunakan dalam ranah bisnis maupun ekonomi. Menurut buku Ikatan Akuntan Indonesia, equity dapat didefinisikan sebagai bagian hak pemilik dalam perusahaan yaitu selisih antara aktiva dan kewajiban yang ada, dan dengan demikian merupakan nilai jual perusahaan tersebut (2004).
ADVERTISEMENT
Sementara menurut Skousen, Albrecht, dan Stice, equity merupakan hak milik residual dari para pemilik perusahaan dalam aktiva neto (total aktiva dikurangi dengan total kewajiban) dari badan usaha tersebut. Oleh karena itu, secara umum ekuitas atau dalam Bahasa Inggris equity dapat diartikan sebagai harta yang dikeluarkan untuk memenuhi biaya operasional perusahaan yang nantinya akan mengalami pengurangan karena biaya hutang dan beban.
Modal dalam sebuah perusahaan sudah pasti berhubungan dengan kewajiban serta aset. Kewajiban merupakan beban yang harus dibayar suatu perusahaan. Kewajiban dapat terdiri dari hutang, gaji karyawan, dan biaya operasional. Berbeda dengan kewajiban, aset adalah suatu yang dimiliki oleh perusahaan. Dapat berupa barang operasional maupun sejumlah uang. Equity tentu memiliki nilai. Namun tidak selalu positif. Nilai equity dapat menjadi negatif jika beban lebih besar dari nilai aset.
ADVERTISEMENT

Jenis-Jenis Ekuitas

Tidak hanya dapat diaplikasikan dalam analisis keuangan dan akuntansi, equity juga dapat digunakan dalam aspek kehidupan yang lain. Berikut jenis-jenisnya.
  1. Equity Pemilik Secara singkat, equity pemilik merupakan nilai modal yang dimiliki oleh seorang pemilik bisnis. Oleh karena itu, biasanya modal tidak masuk ke dalam bursa efek. Sementara keuntungan yang dihasilkan akan dimiliki oleh pemilik bisnis.
  2. Equity Pemegang Saham Berbeda dengan equity pemilik, dalam equity pemegang saham, nilai dividen dibagi dua dengan pemegang saham. Sebab pemegang saham memberikan sejumlah investasi.
  3. Equity Rumah Equity rumah adalah nilai rumah dikurangi dengan jumlah hutang hipotek. Nilai equity pada rumah sangat penting untuk orang yang menjual atau membeli rumah agar mendapatkan keuntungan.
  4. Pembiayaan Equity Pembiayaan equity dapat terjadi jika perusahaan tidak mendapatkan hasil, namun berhasil menjalankan usahanya. Jika hal ini terjadi, maka saham perusahaan akan dijual dan hasil penjualan akan digunakan sebagai biaya pengembangan perusahaan tersebut.
ADVERTISEMENT
(RYFA)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white