News
·
14 Juni 2021 8:58
·
waktu baca 2 menit

Apa Itu Paper di Dunia Kuliah?

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Apa Itu Paper di Dunia Kuliah? (597365)
searchPerbesar
Apa Itu Paper di Dunia Perkuliahan?, Foto: Pixabay
Apa itu paper di dunia perkuliahan? Paper merupakan karya tulis ilmiah yang berisi pembahasan tertentu dari sebuah topik yang didukung data dan argumen yang valid dan ditulis dengan format tertentu.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari situs resmi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, paper sendiri berbentuk hasil penelitian terbaru atau tinjauan dari berbagai penelitian yang telah ada dengan pembahasan yang ringkas dan terdiri dari 6 sampai 10 halaman.

Struktur Paper

Setelah memahami apa itu paper, ketika ingin menulisnya dibutuhkan struktur yang jelas, yaitu:
  • Judul
Judul harus berbentuk singkat, tetapi bisa merepresentasikan isi dan tujuan dari paper itu sendiri. Jadi, saat pembaca membaca judul, ia akan langsung memahami tujuan pembuatan paper tersebut.
  • Pendahuluan
Bagian ini meliputi latar belakang topik yang akan dibahas, alasan dari dipilihnya suatu gagasan, tujuan dari pembahasan itu, studi literatur singkat tentang gagasan tersebut, dan kebaruan ide yang akan dibahas di dalam paper itu.
ADVERTISEMENT
  • Isi atau Pembahasan
Di bagian inilah, gagasan yang dipilih akan disampaikan secara rinci dan diuraikan berdasarkan landasan teori yang mendukung. Landasan teori sendiri dapat diperoleh dari pernyataan para ahli di dalam penelitian mereka.
  • Penutup
Di bagian ini, akan dinyatakan kesimpulan dan hasil dari penelitian yang telah dijelaskan di bagian isi, sehingga bisa dipahami oleh pembaca. Selain itu, saran untuk pengembangan penelitian selanjutnya dan objek penelitian juga bisa disampaikan di bagian ini.
  • Daftar Pustaka
Bagian ini berisi kumpulan pustaka yang dijadikan rujukan di dalam menulis paper tersebut. Meskipun dianggap sebelah mata oleh banyak orang, tetapi bagian inilah yang menunjukkan bahwa paper itu valid dan bisa dipercaya. Paper yang baik memakai kumpulan pustaka dengan rentang 10 tahun terakhir.
ADVERTISEMENT

Tips untuk Menulis Paper Kuliah

Apa Itu Paper di Dunia Kuliah? (597366)
searchPerbesar
Apa Itu Paper di Dunia Perkuliahan?, Foto: Pixabay
Bagi kamu yang sedang kuliah dan akan menulis paper di dalam waktu dekat, inilah beberapa tips agar bisa menulis paper dengan baik:
  1. Menentukan topik yang menarik untuk dibahas dengan membaca banyak buku, jurnal, dan berita terkini. Jika telah diberikan suatu tema besar, maka kembangkanlah satu ide topik yang menarik dari tema itu agar berbeda dari milik teman-temanmu dan pastikan topik itu tidak ada di internet, agar tidak terdeteksi sebagai plagiarisme.
  2. Membuat kerangka penulisan yang memuat garis besar tentang rangkaian ide yang disusun secara sistematis, logis, jelas, dan terstruktur. Dengan begitu,kamu akan terhindar dari pembahasan ganda di dalam satu sub bab.
  3. Menuliskan pendahuluan yang diperkuat dengan berbagai argumen yang kuat dan harus ditulis dengan runtut serta tidak bertele-tele agar mudah dipahami.
  4. Menentukan batasan masalah di dalam bentuk rumusan masalah yang jelas agar pembahasan tidak melebar dan bisa lebih fokus ke topik yang dipilih.
  5. Menganalisis topik yang dipilih secara mendalam dengan mengevaluasi referensi bacaan yang berhasil kamu peroleh dan melakukan parafrase atas setiap referensi yang diperoleh, supaya terhindar dari kasus plagiarisme.
  6. Menyusun paper dengan format dan standar penulisan sesuai PUEBI dan ketentuan dari kampus sejak awal penulisan, supaya tidak perlu bolak-balik.
ADVERTISEMENT
Sekarang sudah mengerti apa itu paper, bukan? Semangat terus untuk menuntaskan paper-mu dan jangan lupa jaga berdoa, yah!(BRP)