Apa Saja Fungsi Program Microsoft Excel dan Contoh Penggunaannya?

Konten dari Pengguna
26 November 2021 15:35
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi pemanfaatan program Microsoft Excel. Sumber: www.freepik.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pemanfaatan program Microsoft Excel. Sumber: www.freepik.com
ADVERTISEMENT
Microsoft Office merupakan aplikasi yang sering digunakan orang-orang di Indonesia, salah satunya adalah aplikasi Microsoft Excel. Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi buatan dari Microsoft yang digunakan sebagai pengolah data numerik. Fungsi utama dari program Microsoft Excel adalah alat perhitungan dasar otomatis dan pemakaian fungsi rumus.
ADVERTISEMENT
Mengutip Buku Pintar Microsoft Excel oleh PUSPA SWARA, ‎Osdirwan Osman (2009: 98), sebagai program pengolah data numerik, Microsoft Excel memiliki beberapa fungsi turunan, di antaranya:
  • Fungsi matematika dan trigonometri
  • Fungsi teks
  • Fungsi tanggal dan waktu
  • Fungsi database
  • Fungsi logika
  • Fungsi lookup and reference
  • Fungsi financial
  • Fungsi information
  • Fungsi statistika
Setelah mengetahui fungsi-fungsi dari Microsoft Excel, apa saja penerapannya dalam kehidupan sehari-hari?

Contoh Penggunaan Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah program yang memiliki manfaat untuk mempermudah pekerjaan, diantanaya:
Ilustrasi Microsoft Excel. Sumber: www.freepik.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Microsoft Excel. Sumber: www.freepik.com
1. Bidang Akuntansi
Penggunaan program Microsoft Excel dalam bidang akuntansi, yakni menghitung jumlah laba atau rugi suatu perusahaan, menghitung gaji karyawan, menentukan biaya yang akan diperlukan di masa depan, dan lainnya.
2. Kalkulasi Matematis
Program Microsoft Excel dalam kalkulasi matematis digunakan untuk mencari data dari penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian, serta macam-macam turunannya.
ADVERTISEMENT
3. Pengolah Data
Pemanfaatan Excel untuk pengolah data yaitu sebagai pengolah data base statistik, mencari nilai tengah, rata-rata, dan pencarian nilai maksimum dan minimum sebuah data, dan sebagainya.
4. Pembuatan Grafik
Microsoft Excel sering juga digunakan sebagai cara untuk membuat grafik, misalnya grafik perkembangan jumlah penduduk selama satu periode, grafik perkembangan keuangan dalamsatu tahun, grafik kelulusan siswa dalam suatu sekola, dan lain sebagainya.
5. Membuat dan Mengelola Administrasi
Microsoft Excel memungkinkan para pengguna untuk mengelola administasi seperti, data perencanaam, pengorganisasian, penyusunan tujuan yang akan disajikan. Dengan sebuah administrasi yang tersusun dengan baik, maka aktivitas pekerjaan, susunan program usaha, dan evaluasi perusahaan semakin mudah.
6. Menyusun Laporan Keuangan
Dalam sebuah unit usaha maupun sebuah perusahaan, Microsoft Excel menjadi program untuk manajemen keuangan yang sering digunakan. Sebab aplikasi ini terdiri dari kumpulan baris dan kolom yang memudahkan perencanaan laporan keuangan berupa sebuah angka dan fasilitas perhitungan secara lengkap dan detail.
ADVERTISEMENT
Ternyata fungsi utama program Microsoft Excel sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya untuk belajar program, sebab aplikasi ini sangat memudahkan dalam perhitungan. (MZM)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·