News
·
8 Januari 2021 14:19

Arti dan Contoh Asbabun Nuzul yang Harus Diketahui

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Arti dan Contoh Asbabun Nuzul yang Harus Diketahui (495245)
Contoh asbabun nuzul sumber foto: Pinterest
Sebelum membahas tentang contoh asbabun nuzul, alangkah baiknya jika kita memahami artinya terlebih dahulu. Asbabun nuzul berasal dari 2 kata, yaitu azbabun dan nuzul. Azbabun memiliki arti sebab atau karena, sedangkan nuzul artinya turun.
ADVERTISEMENT
Jika kedua kata tersebut digabungkan menjadi asbabun nuzul, maka artinya sebab-sebab turunnya ayat Alquran. Asbabun nuzul terdiri atas 2 macam, yaitu dalam bentuk peristiwa dan dalam bentuk pertanyaan.

Contoh Asbabun Nuzul dalam Bentuk Peristiwa

Contoh asbabun nuzul dalam bentuk peristiwa yaitu berupa pertengkaran. Peristiwa berupa pertengkaran, seperti adanya perselisihan dari suku Aus dan segolongan dari suku Khasraj.
Adanya peristiwa tersebut menyebabkan turunnya ayat Alquran surat Ali-imran ayat 100. Ada pun arti dari surat Ali-imran ayat 100 yaitu:

“Hai orang-orang yang beriman, jika kamu mengikuti sebahagian dari orang-orang yang diberi Al-Kitab, niscaya mereka akan mengembalikan kamu menjadi orang kafir sesudah kamu beriman”.(QS.Ali’Imran: 100).

Contoh asbabun nuzul dalam bentuk peristiwa selanjutnya yaitu berupa kesalahan yang serius. Peristiwa berupa kesalahan, seperti peristiwa seseorang yang mengimami sholat sedang dalam keadaan mabuk sehingga salah membaca surah Al Kafirun. Dari peristiwa tersebut maka menyebabkan turunnya ayat Alquran surat An-Nisa’ ayat 43.
ADVERTISEMENT
Ada pun arti dari surat An-Nisa’ ayat 43, yaitu:

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghampiri sholat sedang kamu dalam keadaan mabuk sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan…” (QS.An-Nisa’: 43).

Contoh Asbabun Nuzul dalam Bentuk Pertanyaan
Pertanyaan yang berhubungan dengan masa lalu. Salah satu pertanyaannya yaitu tentang Zulkarnain. Dari pertanyaan tersebut, maka turunlah ayat Alquran surat Al Kahfi ayat 83. Ada pun arti dari surat Al Kahfi ayat 83 yaitu:

“Mereka akan bertanya kepadamu Muhammad tentang Zulkarnain, Katakanlah: “Aku akan bacakan cerita tentangnya”. (QS. Al Kahfi:83)

Pertanyaan selanjutnya yaitu hal yang berhubungan dengan kejadian pada saat itu. Salah satu pertanyaannya yaitu tentang ruh. Dari pertanyaan tersebut, maka turunlah ayat Alquran surat Al Isra’ ayat 85. Ada pun arti dari surat Al Isra’ ayat 85 yaitu:
ADVERTISEMENT

“Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh, Katakanlah "Ruh itu termasuk urusan Tuhanku, dan tidaklah kamu diberikan pengetahuan melainkan sedikit”. (QS. Al-Isra’:85)

Terdapat berbagai arti dan contoh asbabun nuzul, di antara seperti ayat yang telah disebutkan di atas. Asbabun nuzul tentu bisa memberikan banyak manfaat bagi umat Muslim. Salah satu manfaat mengetahui asbabun nuzul yaitu dapat mengetahui hikmah rahasia yang terkandung dalam pengsyari’atan hukum dalam ayat Alquran.(ANG)