News
·
24 Februari 2021 19:44

Arti Simbol Pancasila yang Perlu Kita Ketahui

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Arti Simbol Pancasila yang Perlu Kita Ketahui (131813)
Ilustrasi garuda pancasila sebagai ideologi Indonesia. Sumber: Pinterest
Sebagai warga negara Indonesia, kita tentu sudah sangat familiar dengan Pancasila yang menjadi landasan ideologi bagi bangsa kita.
ADVERTISEMENT
Di samping itu, kita juga pasti sudah mengetahui apa saja simbol-simbol yang menjadi representasi setiap sila di Pancasila. Namun tahukah kamu apa saja arti simbol Pancasila yang selama ini kita lihat dalam perlambangan burung garuda tersebut?
Sebelum mengetahui apa saja arti simbol dalam pancasila, kita perlu mengetahui bahwasanya pengukuhan burung garuda sebagai perlambangan negara sendiri telah terangkum di dalam Undang-Undang Dasar 1945 dalam Bab XV pasal 36A dengan menyebutkan bahwa “Lambang negera ialah Garuda Pancasila dengan semboyan Bhinneka Tunggal Ika”.
Dikutip dari Buku Ajar Mata Pelajaran Sekolah Dasar PKN dan Pancasila (2019) oleh Ni Putu Candra Prastya Dewi, lambang negara dalam bentuk Garuda Pancasila itu sendiri dirancang oleh Sultan Hamid II sejak Desember 1949. Kemudian rancangan tersebut akhirnya diresmikan pada 17 Oktober 1951.
ADVERTISEMENT

Arti Simbol Pancasila yang Wajib Kita Ketahui

Masih dikutip berdasarkan buku karya Ni Putu Candra (2019), pemilihan burung garuda sebagai simbol negara sendiri ditujukan untuk menggambarkan jati diri negara yang kuat dan besar, seperti halnya penggambaran sosok burung garuda dalam mitologi kuno Nusantara.
Di samping itu, pemilihan warna emas pada lambang Garuda Pancasila juga memiliki tujuan untuk menggambarkan Indonesia sebagai negara yang jaya.
Pada potret garuda pancasila yang kita kenal saat ini sendiri terdapat simbol lain dalam bentuk perisai dengan garis hitam. Simbol ini sendiri memiliki artian sebagai bentuk perlindungan, pertahanan ataupun penggambaran perjuangan untuk mencapai tujuan luhur yang dicita-citakan bangsa di dalamnya (lima sila/lima prinsip negara).
Setiap sila dalam Pancasila juga memiliki simbolnya masing-masing yang perlu untuk kita ketahui agar dapat diamalkan bersama guna mencapai cita-cita luhur bangsa. Adapun arti simbol Pancasila dalam setiap sila-sila tersebut ialah sebagai berikut:
ADVERTISEMENT
  1. Bintang emas: menggambarkan Indonesia sebagai bangsa yang mempercayai bahwa tuhan yang maha esa adalah pemberi cahaya kehidupan pada manusia
  2. Rantai: menggambarkan bahwa setiap orang saling berhubungan dan harus senantiasa bersatu padu agar menjadi kuat
  3. Pohon beringin: menggambarkan bahwa Indonesia merupakan tempat bernaung bagi setiap rakyatnya, dimana rakyat juga diharapkan dapat menjaga kesatuan dan persatuan yang kokoh
  4. Kepala banteng: mengandung filosofi dimana kita diharapkan dapat menyelesaikan masalah dengan cara berdiskusi
  5. Padi dan kapas: menggambarkan bahwa setiap warga negara memiliki kebutuhan dasar yang sama dan tidak boleh dibeda-bedakan
Setelah mengetahui arti simbol Pancasila tadi, semoga kita juga bisa menerapkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam ideologi bangsa tersebut agar Indonesia dapat tumbuh sebagai negara yang jaya serta kuat dalam persatuan dan kesatuan. (HAI)
ADVERTISEMENT