Bacaan Dzikir untuk Anak yang Sedang Ujian Masuk PTN

Konten dari Pengguna
23 Mei 2022 18:00
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Bacaan Dzikir untuk Anak yang Sedang Ujian Masuk PTN (48276)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bacaan dzikir untuk anak yang sedang ujian, sumber foto: (bussiness Coaching) by Unsplash.com
ADVERTISEMENT
Setiap orang tua pasti ingin agar anaknya meraih pendidikan yang tinggi, termasuk masuk kuliah di kampus terbaik. Pendidikan yang berkualitas akan mengantarkan anak ke gerbang kehidupan yang lebih baik bagi masa depannya. Namun, masuk kuliah di kampus terbaik di masa kini semakin sulit karena persaingan yang sangat ketat. Anak yang akan memasuki dunia perkuliahan perlu belajar dengan tekun untuk mewujudkan mimpinya. Selain itu, orang tua juga bisa membantu dengan mengamalkan dzikir untuk anak yang sedang ujian. Doa dan dzikir dari orang tua sangat dibutuhkan karena sangat penting untuk kesuksesan anak. Bacaan doa dan dzikir tersebut akan dijelaskan lebih lanjut di artikel ini.
ADVERTISEMENT

Perintah untuk Berdzikir

Berdzikir dan berdoa merupakan sarana mendekatkan diri kepada Allah SWT. Melalui aktivitas ini, umat Muslim dapat mengutarakan segala keinginan dan harapannya kepada Allah SWT.
Bacaan Dzikir untuk Anak yang Sedang Ujian Masuk PTN (48277)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi bacaan dzikir untuk anak yang sedang ujian, sumber foto: (Ben Mullins) by Unsplash.com
Mengutip buku Al'matsurat Terlengkap oleh al-Banna (2021), dzikir merupakan amalan yang ringan, namun mengandung pahala yang sangat besar bagi orang yang mengamalkannya. Dzikir dan doa termasuk senjata bagi umat Muslim dalam menjalani kehidupan, sebagaimana yang telah diperintahkan oleh Allah SWT.
Dalam Surat Ghafir, Allah SWT berfirman:
Dan Tuhanmu berfirman, “ Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.” (QS. Ghafir: 60).

Bacaan Dzikir untuk Anak yang sedang Ujian

Inilah beberapa dzikir yang bisa diamalkan untuk kelancaran ujian anak:
ADVERTISEMENT

1. Doa agar Diberi Kemudahan

Inilah Bacaan doa agar anak diberi kemudahan:
Allaahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlan wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlan.
Arti: “Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.”

2. Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaha illallah, dan Allaahu akbar

Rasulullah SAW bersabda: “Perkataan yang paling disenangi oleh Allah adalah empat: Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaha illallah, dan Allaahu akbar. Tidak mengapa bagimu untuk memulai yang mana di antara kalimat tersebut."

3. Sholawat Nabi

Rasulullah SAW bersabda: "Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki." (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).
ADVERTISEMENT

Waktu Mustajabah Berdoa

Berikut adalah waktu yang mustajabah untuk berdoa dan berdzikir untuk anak yang sedang menghadapi ujian:

1. Setelah sholat wajib

Waktu Mustajabah yang pertama yaitu Setelah sholat wajib. Hal ini sesuai dengan hadist berikut:
"Dari Abu Umamah, ia berkata: Dikatakan kepada Rasulullah SAW, apakah doa yang paling didengarkan? Rasulullah menjawab: Doa di tengah malam dan doa di akhir sholat wajib." (HR at-Tirmidzi).

2. Sepertiga malam terakhir

Waktu Mustajabah yang berikutnya adalah Pada sepertiga malam terakhir.
Rasulullah SAW bersabda: "Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman: ‘Orang yang berdoa kepada-Ku akan Ku kabulkan, orang yang meminta sesuatu kepada-Ku akan Kuberikan, orang yang meminta ampunan dari-Ku akan Kuampuni” (HR. Bukhari)
ADVERTISEMENT

3. Saat berpuasa

Saat menjelang berbuka puasa, sebaiknya isilah waktu dengan membaca doa agar anak lolos ujian. Bacaan ini dapat diamalkan saat puasa Senin Kamis.
“Orang yang berpuasa memiliki 2 kebahagiaan: kebahagiaan ketika berbuka puasa dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabb-Nya kelak” (HR. Muslim).
Dzikir dan doa untuk anak yang sedang ujian di atas dapat amalkan sesuai dengan waktu mustajabah berdoa. Selain mendapat doa dan restu dari orang tua, anak juga perlu berusaha dengan maksimal agar dapat diterima di kampus impiannya. (DLA)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020