News
·
5 Mei 2021 17:59

Bacaan Tasbih, Tahmid, dan Takbir Serta Doa yang Dibaca Setelah Sholat Fardhu

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Bacaan Tasbih, Tahmid, dan Takbir Serta Doa yang Dibaca Setelah Sholat Fardhu (131486)
Berdzikir. Foto: dok. https://pexels.com
Memperbanyak membaca dzikir merupakan amalan yang dilakukan umat Islam untuk menambah pahala di dalam keseharian. Selain diamalkan secara rutin setiap hari di sela aktivitas, amalan dzikir yang terdiri dari bacaan tasbih, tahmid dan takbir ini juga menjadi bacaan dzikir yang dibaca setelah sholat fardhu. Berikut ini adalah bacaan tasbih, tahmid dan takbir serta doa lengkap setelah sholat fardhu yang dapat Anda amalkan.
ADVERTISEMENT

Bacaan Tasbih, Tahmid dan Takbir yang Dibaca Setelah

Untuk menambah timbangan amal di akhirat nanti, umat Islam banyak mengamalkan ibadah berpahala yang dapat dikerjakan di sela aktivitas, seperti membaca dzikir harian. Tak hanya itu, dzikir harian tersebut juga banyak dibaca selepas sholat fardhu sesuai dengan tuntunan dan sunnah Nabi Muhammad SAW.
Seperti yang kita ketahui bahwa sholat merupakan kewajiban tiap umat Islam dalam berbagai kondisi, maka dari itu kita diwajibkan menyempurnakan sholat kita. Hal ini disebutkan juga dalam buku berjudul Panduan Sholat Wajib & Sunnah Sepanjang Masa Rasulullah SAW yang disusun oleh Ustadz Arif Rahman (2016:9) yang menjelaskan bahwa sholat merupakan rukun Islam yang kedua, sehingga sholat menjadi salah satu ibadah yang wajib dikerjakan oleh orang Islam.
ADVERTISEMENT
Menyempurnakan sholat fardhu dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah membaca dzikir dan doa setelah sholat fardhu sesuai dengan tuntunan Nabi. Dalam dzikir sholat tersebut terdapat bacaan yang dapat kita baca, di antaranya adalah bacaan tasbih, tahmid dan takbir. Bacaan tasbih, tahmid dan takbir tersebut memiliki arti masing-masing. Berikut ini adalah lafal bacaan tasbih, tahmid dan takbir lengkap dengan Arab, latin dan artinya:
1. Bacaan Tasbih

سبحان الله

Subhanallah

Artinya: Maha Suci Allah.
2. Bacaan Tahmid

الحمد لله

Alhamdulillah

Artinya: Segala Puji bagi Allah.
3. Bacaan Takbir

الله أكبر

Allahu Akbar

Artinya: Allah Maha Besar.
Bacaan tasbih, tahmid dan takbir tersebut juga dapat Anda iringi dengan bacaan doa lainnya setelah sholat. Berikut ini adalah salah satu bacaan doa setelah sholat yang dapat Anda baca selepas membaca bacaan dzikir:
ADVERTISEMENT

اَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ

Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah. Lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir

Artinya: “Tidak ada Rabb (yang berhak disembah) kecuali Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan. Bagi-Nya pujaan. Dia-lah Yang Mahakuasa atas segala sesuatu.” (HR. Muslim No. 597)
Pemaparan mengenai bacaan tasbih, tahmid dan takbir tersebut dapat Anda jadikan acuan untuk membaca dzikir dan doa setelah sholat fardhu. Semoga bermanfaat. (DA)