Tekno & Sains
·
22 Januari 2021 19:38

Bagian Telinga dan Fungsinya bagi Tubuh Manusia

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Bagian Telinga dan Fungsinya bagi Tubuh Manusia (125378)
Telinga. Sumber: Franco Antonio Giovanella-Unsplash.com
Ketahui bagian telinga dan fungsinya bagi tubuh manusia secara lengkap, yuk!
ADVERTISEMENT
Pasalnya, manusia diciptakan secara sempurna oleh Sang Pencipta. Manusia terlahir dengan akal, pikiran, dan lima alat indera untuk bersosialisasi dan belajar. Ada indra pendengaran, pengelihatan, pembau, perasa, dan peraba. Namun, artikel ini akan mengupas mengenai indra pendengaran.
Nah, pastikan kamu memahami setiap bagian-bagiannya, ya!

Bagian Telinga dan Fungsinya

Manusia terlahir dengan sepasang telinga di kiri dan kanan. Kamu pasti tahu kalau telinga memiliki fungsi untuk mendengar. Namun, tahukah kamu bagian-bagian telinga yang membuat manusia dapat mendengar suara dari luar tubuh? Secara umum, bagian telinga terbagi menjadi tiga, yakni bagian luar telinga, bagian tengah, dan bagian dalam. Yuk, simak deskripsinya berikut ini!
Bagian Telinga dan Fungsinya bagi Tubuh Manusia (125379)
Bagian Telinga dan Fungsinya. Sumber: Boystownhospital.org
  • Bagian Luar Telinga. Pada bagian ini ada 9 struktur telinga, yaitu Auricular lobule, concha, antihelix, triangular fossa, scapha, helix, temporal muscle, temporal bone, eternal acoustic meatus, dan cartilage. Bagian luar ini memiliki fungsi untuk menerima suara dari luar tubuh dan melokalisasinya agar bisa terus masuk ke bagian tengah.
  • Bagian Tengah Telinga. Pada bagian tengah 6 struktur, yakni tympanic membrane, malleus, incus, tympanic cavity, stapes, dan semicircular canals. Bagian ini berfungsi untuk menghantarkan suara yang telah dikumpulkan di bagian luar ke area dalam telinga.
  • Bagian Dalam Telinga. Di bagian ini ada 4 struktur telinga, yakni cochlea, vestibular nerve, cochlear nerve, dan eustachian tube. Bagian dalam inilah yang memiliki peran penting untuk menghantarkan suara ke sistem saraf pusat. Oleh karena itu, manusia dapat mendengar dan mengenal jenis-jenis suara.
ADVERTISEMENT
Selain untuk mendengarkan, telinga juga memiliki fungsi penting bagi tubuh manusia. Telinga adalah organ penting untuk menjaga keseimbangan tubuh. Dilansir dari Alodokter.com, telinga mampu memberikan keseimbangan pada tubuh dengan adanya cairan yang ikut bergeser ketika seseorang bergerak. Sistem tersebut mampu membuat manusia berdiri dengan stabil dan seimbang. Keren, ya!
Sekian informasi tentang bagian telinga dan fungsinya. Jika kamu ingin mengetahui bagian dari panca indra yang lain tuliskan di kolom komentar, ya! (AG)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white