Tekno & Sains
·
15 Januari 2021 8:32

Bagian Telinga dan Fungsinya yang Perlu Diketahui

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Bagian Telinga dan Fungsinya yang Perlu Diketahui (27324)
Ilustrasi Bagian Telinga, sumber: Freepik
Bagian telinga dan fungsinya, apakah masih ingat yang dibahas dalam pelajaran tentang organ pendengaran ini, yang didapatkan pada materi IPA di sekolah dasar. Telinga merupakan salah satu organ yang sangat penting karena menjadi media pendengaran. Selain itu, telinga mempunyai fungsi sebagai keseimbangan tubuh.
ADVERTISEMENT
Telinga mempunyai beberapa bagian, yakni bagian luar, telinga bagian tengah, dan bagian dalam. Masing-masing bagian mempunyai fungsi yang bisadilihat dan ketahui di bawah ini.

Bagian Telinga dan Fungsinya Bagian Luar

Organ di bagian luar terdiri dari daun telinga dan rongga telinga. Bagian tersebut menjadi batas dari telinga bagian dalam. Daun telinga atau yang sering disebut sebagai pinna merupakan bagian yang paling terlihat. Inilah yang banyak membuatnya disebut sebagai telinga.
Fungsi dari daun telinga adalah memusatkan gelombang suara yang masuk menuju saluran bagian telinga luar. Sementara rongga telinga luar memiliki fungsi untuk merekatkan kotoran. Hal inilah yang membuat air atau benda asing tidak bisa masuk lebih dalam.
Bagian Telinga dan Fungsinya Telinga Bagian Tengah
ADVERTISEMENT
Bagian tengah telinga mempunyai hubungan dengan telinga luar melalui gendang telinga. Di bagian tengah, terdapat saluran eustachius dan tiga tulang kecil. Gendang telinga berfungsi sebagai penerima getaran suara yang berasal dari luar.
Sementara bagian saluran eustachius adalah saluran yang menghubungkan antara telinga tengah dengan rongga faring. Saluran ini mempunyai fungsi sebagai menyamakan tekanan udara antara bagian dalam dengan tekanan luar. Jika saluran pada eustachius berlendir, maka tekanan udara menjadi tidak sana frekuensinya.
Bahkan, jika tekanan dari luar cukup besar, maka dapat mengakibatkan gendang telinga menjadi pecah. Sementara bagian tiga tulang kecil terdiri dari tulang martil, tulang landasan, dan tulang sanggurdi. Fungsi dari ketiga saluran tersebut adalah untuk mentransfer getaran suara yang berasal dari gendang telinga ke bagian dalam telinga.
ADVERTISEMENT
Bagian Telinga dan Fungsinya Bagian Dalam
Bagian ini menjadi bagian yang penting karena memiliki fungsi sebagai keseimbangan bagian tubuh. Selain itu, telinga bagian dalam ini berisi organ pendengaran yang disebut sebagai labirin. Dua bagian utama di dalamnya adalah kanal semisirkularis dan koklea.(ANG)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white