Baterai 5000mAh Tahan Berapa Lama? Inilah Jawabannya!

Konten dari Pengguna
3 Desember 2021 16:16 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Baterai 5000mAh tahan berapa lama? Sumber foto: (Asia Vision) by Unsplash.com
zoom-in-whitePerbesar
Baterai 5000mAh tahan berapa lama? Sumber foto: (Asia Vision) by Unsplash.com
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Saat ini, ada beragam tipe smartphone dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Salah satu yang ditawarkan yaitu baterai dengan kapasitas 5000mAh. Lalu, Baterai 5000mAh tahan berapa lama?
ADVERTISEMENT
Pada dasarnya, baterai merupakan salah satu elemen penting yang terdapat pada smartphone. Tanpa baterai, maka smartphone tidak akan dapat hidup dan beroperasi.
Para pengguna smartphone di masa kini juga cenderung lebih selektif dalam memilih produk smartphone. Salah satu pertimbangan yang cukup krusial adalah mengenai kapasitas baterai yang ditawarkannya.

Hal-hal yang Memengaruhi Kapasitas Baterai

Baterai 5000mAh tahan berapa lama? Sumber foto: (Mikke William) by Unsplash.com
Harus diakui bahwa kapasitas baterai dapat menjadi indikator apakah baterai smartphone hemat atau tidak. Namun, jangan salah karena software dan hardware pada ponsel juga berkontribusi untuk menunjang iritnya baterai.
Mengutip buku Pengembangan Smart Conveyor pada Tracking Barang berbasis IOT oleh Pane, dkk (2020), penggunaan baterai smartphone akan cepat boros karena banyaknya proses yang berjalan. Sehinggam membuat energi pada baterai menjadi cepat habis.
ADVERTISEMENT
Contohnya, jika kamu memainkan game selama berjam-jam, tentu kapasitas baterai akan lebih cepat berkurang. Lain halnya jika hp hanya digunakan untuk membalas chatting di media sosial saja, maka daya tahannya akan lebih baik.
Baterai 5000mAh Tahan Berapa Lama?
Ada banyak merk smartphone yang menawarkan kapasitas baterai sebesar 5000mAh. Contohnya seperti Vivo, Oppo, Xiaomi, Samsung, dan lain-lain. Meskipun kapasitas baterai yang ditawarkan sama, namun daya tahannya ternyata berbeda-beda pada setiap merk.
Contohnya seperti Vivo, Y50 yang mempunyai waktu stand by hingga 29,7 hari dan network call 4G sampai 34 jam. Jika digunakan untuk memutar video, Y50 dapat bertahan sampai 12,7 jam dan 11,35 jam untuk bermain game.
Sedangkan HP Samsung, Galaxy A31 dengan kapasitas baterai 5000mAh mampu bertahan selama 24 jam pada pemakaian normal.
ADVERTISEMENT
Adapun OPPO A16 menawarkan waktu penggunaan selama 24 jam tanpa isi ulang daya. Dengan kapasitas baterai 100%, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas melalui smartphone tersebut.
Kesimpulannya, daya tahan baterai 5000mAh yaitu mencapai seharian penuh dalam kondisi 100% daya. Adapun pengurangan daya tergantung dengan aplikasi yang dioperasikan dan lamanya penggunaan.
(DLA)