News
·
7 Desember 2020 8:42

Bendera Indonesia dan Aturannya yang Wajib Diketahui

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Bendera Indonesia dan Aturannya yang Wajib Diketahui (228598)
Bendera Indonesia, Sang Merah Putih Foto: dok. kumparan
Bendera Indonesia berwarna merah putih dan disebut dalam berbagai nama, antara lain Sang Merah Putih, Bendera Merah Putih, Sang Saka Merah Putih, serta Sang Dwiwarna.
ADVERTISEMENT
Warna merah pada bendera Indonesia adalah perlambang tubuh, sedangkan warna putih merupakan simbol jiwa manusia.
Bendera Indonesia merupakan lambang negara yang wajib untuk dihormati, dimuliakan, dan tidak boleh diperlakukan sembarangan.
Peraturan terhadap bendera Indonesa ini tertuang dalam UUD 1945 pasal 35, UU No 24/2009,dan Peraturan Pemerintah No.40/1958 tentang Bendera Kebangsaan Republik Indonesia.

Bendera Indonesia dan Peraturan Berdasarkan Undang-undang

Sebagai lambang negara, terdapat beberapa peraturan dalam pengibaran dan penurunan bendera Indonesia sang merah putih yang harus dipatuhi, yaitu:
  1. Pengibaran dan/atau pemasangan Bendera Indonesia dilakukan pada waktu antara matahari terbit hingga matahari terbenam, namun dalam keadaan tertentu, dapat dilakukan pada malam hari.
  2. Bendera Negara wajib dikibarkan pada setiap peringatan Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia tanggal 17 Agustus oleh warga negara Indonesia.
ADVERTISEMENT
Bendera Negara juga dikibarkan pada waktu peringatan hari-hari besar nasional atau peristiwa lain, yakni:
  • 2 Mei, Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas)
  • 20 Mei pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional (hari berdirinya Boedi Oetomo)
  • 1 Oktober, Hari Kesaktian Pancasila
  • 28 Oktober, Hari Sumpah Pemuda
  • 10 November, Hari Pahlawan
  • Peristiwa lain yang merupakan peristiwa besar atau kejadian luar biasa yang dialami oleh bangsa Indonesia, misalnya pada kunjungan Presiden atau Wakil Presiden ke daerah dan pada perayaan dirgahayu daerah.
Selain itu, terdapat juga larangan yang tidak boleh dilakukan terhadap bendera Indonesia, antara lain:
  1. Merusak, merobek, menginjak-injak, membakar, atau melakukan perbuatan lain dengan maksud menodai, menghina, atau merendahkan kehormatan Bendera Negara.
  1. Memakai Bendera Indonesia untuk reklame atau iklan komersial.
  1. Mengibarkan Bendera Negara yang rusak, robek, luntur, kusut, atau kusam.
ADVERTISEMENT
  1. Mencetak, menyulam, dan menulis huruf, angka, gambar atau tanda lain dan memasang lencana atau benda apapun pada Bendera Indonesia
  1. Memakai Bendera Negara untuk langit-langit, atap, pembungkus barang, dan tutup barang yang dapat menurunkan kehormatan Bendera Indonesia.
Apabila melanggar aturan mengenai bendera Indonesia di atas, tentu akan mendapatkan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku yang telah ditetapkan oleh Undang-Undang.
Semoga bermanfaat. (Adelliarosa)