Bisnis
·
11 Juni 2021 18:21
·
waktu baca 2 menit

Cara Cek ID Pelanggan PLN dan Cara Menghemat Penggunaan Listrik

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Cara Cek ID Pelanggan PLN dan Cara Menghemat Penggunaan Listrik (24928)
Cara Cek ID Pelanggan PLN.. Foto: dok. https://pixabay.com/
PLN dikenal sebagai penyedia listrik utama di Indonesia, menjadikan hampir seluruh masyarakat Indonesia menjadi pelanggan PLN yang setiap bulannya perlu membayar tagihan listrik dari penggunaan listrik tiap pelanggan. Untuk dapat membayar dan melakukan berbagai transaksi, pelanggan wajib mengetahui ID pelanggan. Berikut ini adalah cara cek ID pelanggan PLN dan cara menghemat penggunaan listrik.
ADVERTISEMENT

Cara Cek ID Pelanggan PLN dengan Langkah Mudah

Penggunaan listrik dalam kehidupan sehari-hari sudah menjadi kebutuhan pokok bagi seluruh masyarakat. Hal ini karena hampir seluruh kegiatan yang kita lakukan menggunakan listrik sebagai sumber daya utama. Maka dari itu, penggunaan listrik terus dilakukan setiap hari dalam keseharian kita.
Seperti yang kita ketahui bahwa listrik yang kita gunakan sehari-hari disediakan oleh Perusahaan Listrik Negara atau PLN. Maka dari itu kita wajib membayar iuran atau tagihan listrik yang kita gunakan setiap bulannya. Tentunya untuk dapat membayar tagihan listrik tersebut kita perlu mengetahui ID pelanggan PLN sebagai identitas utama kita.
ID pelanggan PLN ini perlu kita ketahui agar kita dapat melakukan berbagai transaksi termasuk pembayaran tagihan listrik yang dilakukan tiap bulan. Namun rupanya masih banyak masyarakat yang belum mengetahui cara cek ID pelanggan PLN. Untuk dapat mengecek ID pelanggan PLN, kita dapat melakukannya dengan beberapa cara.
Cara Cek ID Pelanggan PLN dan Cara Menghemat Penggunaan Listrik (24929)
Menghemat Penggunaan Listrik. Foyo: dok. https://pixabay.com/
Cara cek ID pelanggan PLN yang pertama adalah mengeceknya melalui struk pembayaran yang diperoleh setelah pembayaran tagihan listrik. Cara yang kedua adalah dengan mengeceknya melalui meteran PLN yang ada di rumah Anda. Jika Anda menemukan deretan 11 hingga 12 digit angka, maka itu lah ID pelanggan PLN milik Anda. ID pelanggan PLN juga dapat diketahui secara daring dengan melalui situs resmi PLN yaitu ://portal.pln.co.id/.
ADVERTISEMENT

Cara Menghemat Penggunaan Listrik dengan Cermat

Membayar tagihan listrik perbulan tentunya memerlukan tak sedikit uang yang harus dikeluarkan. Maka dari itu kita perlu menghemat penggunaan listrik agar tagihan listrik tidak terus membengkak setiap bulannya. Tak hanya itu, kita juga perlu terus mengendalikan pemakaian listrik agar kita dapat terus menggunakan listrik di masa depan.
Menghemat penggunaan listrik dapat dilakukan dengan berbagai cara. Dalam buku berjudul Kiat Hemat Bayar Listrik yang disusun oleh Gatut Susanta, Sasi Aguston (2007:36) disebutkan bahwa memilih jenis lampu yang hemat energi dan mengurangi pemakaian lampu di siang hari dengan mengoptimalkan penggunaan cahaya matahari dapat menjadi solusi untuk menghemat pemakaian listrik.
Dengan mengetahui cara cek ID pelanggan PLN Anda dapat mengetahui identitas pokok Anda sebagai pelanggan PLN secara benar. Jangan lupa untuk terus menghemat pemakaian listrik sehari-hari Anda demi masa depan yang lebih baik. (DAP)
ADVERTISEMENT