News
·
29 Juli 2021 10:35
·
waktu baca 1 menit

Cara Membuat Gambar Dekoratif Lengkap dengan Langkahnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Cara Membuat Gambar Dekoratif Lengkap dengan Langkahnya (1025228)
searchPerbesar
Ilustrasi menggambar dekoratif, sumber foto: https://unsplash.com/
Gambar dekoratif merupakan salah satu bentuk dari seni rupa yang bertujuan untuk membuat hiasan atau dekorasi pada suatu obyek agar lebih menarik. Adanya gambar dekoratif ini bisa menambah nilai suatu obyek bahkan bisa meningkatkan nilai jual. Berikut ini adalah cara membuat gambar dekoratif lengkap dengan langkah-langkahnya.
ADVERTISEMENT

Pengertian Gambar Dekoratif

Cara Membuat Gambar Dekoratif Lengkap dengan Langkahnya (1025229)
searchPerbesar
Ilustrasi menggambar dekoratif, sumber foto: https://unsplash.com/
Dikutip dari buku Kerajinan Tangan & Kesenian, Dedi Nuhadiat (2005: 26) pengertian menggambar dekoratif adalah menggambar hiasan, yang tidak perlu persis dengan apa yang diitiru. Menggambar dekoratif dapat berupa gambar sederhana dengan motif geometris dan motif stilasi.
Motif geometris adalah motif yang terdiri dari obyek yang mempunyai bentuk-bentuk ilmu ukur seperti lingkaran, persegi, segitiga dan lain-lain. Sedangkan motif stilasi adalah motif teknik untuk mengubah bentuk benda dengan cara menggayakan bentuk atau warna. Nantinya bentuk yang digayakan akan dijadikan hiasan. Bentuk stilasi dapat mengambil gambaran dari binatang, tumbuhan, hingga manusia.

Langkah-Langkah Menggambar Dekoratif

Berikut adalah langkah-langkah dan cara membuat gambar dekoratif :
  1. Menguasai teknik dasar menggambar seperti membuat garis lurus, membuat garis lengkung dan membuat garis bergelombang.
  2. Menentukan ide atau konsep dari gambar dekoratif. Sebelum memulai menggambar harus ditentukan terlebih dahulu ide yang akan digambar.
  3. Menyiapkan alat dan bahan menggambar dekoratif, yang bertujuan untuk menyesuaikan alat dan bahan apa yang akan digunakan agar sesuai dengan obyek yang akan digambar . Misalnya, alat dan bahan yang digunakan untuk menggamabar di tembok akan berbeda dengan alat dan bahan yang digunakan untuk menggambar di canvas.
  4. Membuat motif gambar dekoratif. Stelah alat dan bahan sudah siap langkah selanjutnya adalah membuat motif yang akan digunakan sebagai gambar dekoratif.
  5. Langkah selanjutnya adalah membuat variasi gambar dekoratif untuk mempercantik gambar.
  6. Mewarnai gambar dekoratif, pada proses ini adalah proses akhir yang akan menentukan gambar dekoratif untuk itu pemilihan warna harus tepat.
ADVERTISEMENT
Demikian cara membuat gambar dekoratif dan juga langkah-langkah yang harus kalian lakukan agar menciptakan gambar dekoratif yang indah. (WWN)