Tekno & Sains
·
17 Juni 2021 14:28
·
waktu baca 2 menit

Cara Membuat Magnet dengan Alat dan Bahan Sederhana

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Cara Membuat Magnet dengan Alat dan Bahan Sederhana (1216400)
searchPerbesar
Ilustrasi magnet. Sumber: unsplash.com
Magnet adalah benda yang biasa kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai contoh, magnet di bagian belakang speaker dan magnet tempelan di kulkas. Ternyata, cara membuat magnet cukup sederhana. Bahkan alat dan bahannya bisa kita temukan dengan mudah.
ADVERTISEMENT
Magnet pertama kali ditemukan oleh seseorang bernama Magnesi yang berasal dari Yunani. Ia menemukan magnet alami yang berbentuk batu. Apabila dikelompokkan, magnet memang terbagi menjadi dua jenis, yakni magnet alami dan magnet buatan. Kali ini kita akan membahas tentang magnet buatan yang sering kita temui.
Magnet buatan adalah magnet yang memang sengaja dibuat untuk berbagai kebutuhan. Biasanya magnet buatan berbentuk tabung, batang, jarum, tapal kuda, dan lainnya yang diperuntukkan untuk tujuan yang berbeda.
Cara Membuat Magnet dengan Alat dan Bahan Sederhana (1216401)
searchPerbesar
Ilustrasi magnet. Sumber: unsplash.com

Cara Membuat Magnet dengan Alat dan Bahan Sederhana

Berikut ini adalah beberapa cara membuat magnet dengan alat dan bahan sederhana yang dikutip dari buku Listrik dan Magnet – Persiapan Olimpiade Fisika karya Prof. Yohanes Surya (2009).
1. Menggunakan Cara Menggosok
ADVERTISEMENT
Cara untuk membuat magnet yang pertama adalah dengan menggosokkan sebuah benda magnetis dengan menggunakan magnet. Gosokan magnet pada sebuah besi baja ini akan membuat sifat kemagnetan pada benda tersbeut menjadi lebih kuat. Sayangnya sifat kemagnetan ini hanya berlangsung sementara.
2. Menggunakan Cara Induksi
Anda juga bisa menggunakan cara induksi untuk membuat magnet. Cara ini terbilang sangat mudah karena Anda hanya perlu menempelkan suatu benda dengan magnet dalam kurun waktu tertentu hingga benda tersebut berubah menjadi magnet. Benda magnetis yang didekatkan dengan magnet akan berubah menjadi magnet, meski hanya sementara waktu.
3. Menggunakan Arus Listrik
Cara terakhir adalah dengan mengalirkan arus listrik ke benda magnetis hingga menimbulkan medan magnet. Sifat kemagnetan muncul akibat aliran arus listrik elektromagnet. Namun, jika arus listrik terputus, maka sifat kemagnetannya akan hilang.
ADVERTISEMENT
Itulah ketiga cara untuk membuat magnet yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Dari ketiga cara di atas, manakah yang membuat Anda tertarik ingin mencobanya? (Anne)