Cara Membuat Mind Mapping di HP dengan Aplikasi Gratis dan Terpercaya

Konten dari Pengguna
28 Januari 2022 19:32
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Cara Membuat Mind Mapping di HP dengan Aplikasi Gratis dan Terpercaya (15651)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membuat mind mapping di HP. Foto. dok. ilkercelik (Unsplash.com)
Membuat mind mapping merupakan salah satu metode belajar yang banyak diterapkan pelajar untuk memudahkan pemahaman materi yang diterimanya selama belajar di sekolah. Saat ini mind mapping dapat disusun dengan mudah dengan menggunakan HP. Berikut ini cara membuat mind mapping di HP dengan aplikasi terpercaya dan mudah diakses.
ADVERTISEMENT

Cara Membuat Mind Mapping di HP dengan Aplikasi Terpercaya

Penggunaan mind mapping dalam pembelajaran merupakan salah satu metode belajar yang dianggap cukup efektif membantu siswa memahami materi yang diberikan selama di sekolah. Mind mapping ini berisi poin atau topik khusus yang disertai dengan penjelasan ringkas yang mudah dipahami.
Penggunaan mind mapping sebagai metode belajar juga dipaparkan dalam buku berjudul Penerapan Mind Mapping dalam Kurikulum Pembelajaran yang ditulis oleh Doni Swadarma (2013:3) menyebutkan bahwa mapping atau pembuatan peta pikiran adalah cara mencatat yang efektif, efisien, kreatif, menarik, mudah dan berdaya guna karena dilakukan dengan memetakan pikiran-pikiran kita.
Cara Membuat Mind Mapping di HP dengan Aplikasi Gratis dan Terpercaya (15652)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menyusun mind map dengan aplikasi. Foto. dok. Kelly Sikkema (Unsplash.com)
Dulu mind mapping disusun di dalam kertas kosong dengan menggunakan pensil atau spidol berwarna yang dapat memudahkan siswa untuk membaca dan memahami alur penjelasan. Saat ini penyusunan mind sudah mulai diterapkan dalam aplikasi smartphone yang lebih mudah diakses.
ADVERTISEMENT
Untuk dapat membuat mind mapping melalui aplikasi smartphone berikut ini adalah cara membuat mind mapping di HP dengan aplikasi yang mendukung:
  • Mindly
Dalam aplikasi Mindy, Anda dapat menyusun mind mapping dengan berbagai macam icon unik dan menarik. Untuk membuat mind mapping di aplikasi ini, Anda cukup membuat ide dasar sebagai pola pertama dalam diagramnya. Selanjutnya, diagram yang dibuat dapat Anda perluas dengan menghubungkan beberapa poin-poin lainnya. Nantinya gabungan-gabungan diagram tersebut akan membentuk skema yang berkaitan satu sama lainnya.
  • Connected Mind
Khusus bagi pengguna ponsel iPhone, aplikasi Connected Mind dapat Anda gunakan untuk menyusun mind mapping yang sederhana namun tetap menarik dan mudah dimengerti. Aplikasi ini menyediakan beberapa icon sederhana dan memiliki ukuran cukup besar serta berbagai jenis font unik untuk mempercantik mind mapping yang dibuat.
Cara Membuat Mind Mapping di HP dengan Aplikasi Gratis dan Terpercaya (15653)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi membuat mind mapping di smartphone dengan aplikasi. Foto. dok. Przemyslaw Marczynski (Unsplash.com)
  • SimpleMind
ADVERTISEMENT
Aplikasi SimpleMind menjadi salah satu aplikasi pembuat mind mapping yang cukup banyak digunakan. kemudahannya saat digunakan membuat pengguna betah menggunakan aplikasi ini untuk menyusun mind mapping dengan lengkap dan menarik.
Untuk menggunakannya, Anda dapat langsung menuliskan ide yang dimiliki dan mendesainnya dengan menarik dengan fitur yang cukup lengkap seperti fitur penyematan gambar, video, hingga voice note.
Itu dia pemaparan lengkap mengenai cara membuat mind mapping di HP dengan menggunakan aplikasi gratis dan terpercaya. Anda dapat menggunakannya untuk menyusun materi pembelajaran yang mudah dipahami anak dengan aksen yang menarik. (DAP)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020