News
·
31 Maret 2021 9:16

Cara Menjawab Adzan dan Doanya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Cara Menjawab Adzan dan Doanya (584829)
Ilustrasi Adzan. Sumber: Positive Moslem Attitude-Pexels.com
Adzan merupakan salah satu tanda masuknya waktu sholat. Ketika adzan dikumandangkan maka seorang muslim memahami bahwa itu adalah waktunya untuk menunaikan sholat fardhu, yakni subuh, dzuhur, asar, maghrib, dan isya. Orang yang mengumandangkan adzan adalah muadzin. Adapun syarat-syarat seseorang bisa menjadi muadzin (An Nakhrawie, 2020: 10), yaitu:
ADVERTISEMENT
  • Beragama Islam
  • Berakal sehat
  • Laki-laki
  • Tertib (membaca adzan dan iwamah secara berurutan).
Syarat tersebut dijelaskan dalam buku yang berjudul “Praktis & Lengkap Shalat Wajib dan Sunnah”, An Nakhrawie (2020:10). Walaupun adzan selalu dikumandangkan oleh muadzin di setiap masuk waktu sholat, hukum dari mengumandangkan adzan ini adalah sunnah. Adzan disunnahkan untuk dikumandangkan ketika akan melaksanakan sholat fardhu baik berjamaah maupun sendirian. Adapun bacaan adzan, yaitu:

Allahu akbar, Allahu akbar (2X)

Asyhadu alla illaaha illallaah (2X)

Asyhadu anna Muhammadar rasulullah (2X)

Hayya ‘alashshalaah (2X)

Hayya ‘alalfalaah (2X)

Allahu akbar, Allahu akbar (2X)

Laa Ilaaha illallaah (2X)

Artinya:

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar

Aku menyaksikan bahwa tiada Tuhan selain Allah

Aku menyaksikan bahwa Nabi Muhammad itu adalah utusan Allah

Marilah Sholat

Marilah menuju kepada kejayaan

Allah Maha Besar, Allah Maha Besar

Tiada Tuhan selain Allah

ADVERTISEMENT

Cara Menjawab Adzan

Ketika mendengarkan adzan, ada pula amalan sunnah baginya. Amalan tersebut adalah sunnah menjawab kalimat adzan dan iqamah yang didengarnya. Bacaan untuk menjawab adzan adalah sama seperti lafal adzan yang dibaca oleh muadzin. Kecuali, pada kalimat Hayya ‘alashshalaah dan Hayya ‘alalfalaah. Dua kalimat tersebut dijawab dengan Laa haula walaa quwwata illaa billaah. Cara menjawab ini hanya berlaku untuk adzan dzuhur, asar, maghrib, dan isya, ya!

Bacaan Doa Setelah Adzan

Setelah adzan selesai, maka Anda dapat membaca doa berikut ini.

Allaahumma robba haadzihid da'watit taammah, washsholaatil qoo-imah, aati muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal, 'aaliyatar rofii'ah, wab'atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa'adtah, innaka laa tukhliful mii'aadz.

Artinya: "Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna dan shalat yang ditegakkan ini, berikanlah dengan limpah karuniaMu kepada Nabi Muhammad kedudukan dan keutamaan (paling tinggi) dan limpahkanlah kepadanya tempat yang terpuji yang telah engkau janjikan".
ADVERTISEMENT
Itulah cara menjawab adzan serta doa setelah adzan. Jika Anda adalah seorang ahli agama dan menemukan kekeliruan pada artikel ini, mari cerahkan umat melalui komentar yang baik di bawah ini, ya! Semoga Allah SWT selalu merahmati kita semua, aamiin. (AA)