News
·
21 Oktober 2020 9:50

Cara Menurunkan Berat Badan dengan 4 Jenis Olahraga di Rumah

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Cara Menurunkan Berat Badan dengan 4 Jenis Olahraga di Rumah (392545)
Cara Menurunkan Berat Badan Foto: Amazon
Cara menurunkan berat badan memang tidak bisa instan, apalagi menggunakan cara yang keliru. Berat badan ideal merupakan dambaan sebagian orang. Selain menunjang penampilan, berat badan ideal juga menunjang kebugaran tubuh.
ADVERTISEMENT
Berbagai cara dilakukan untuk menurunkan berat badan dan mencapai berat badan ideal, termasuk berolahraga. Begitu banyak pilihan olahraga yang disebut bisa memberikan hasil terbaik. Namun tidak semua jenis olahraga nyatanya efektif membakar kalori.
Berikut ini 4 jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah untuk menurunkan berat badan:

Cara Menurunkan Berat Badan dengan Yoga

Selain dikenal sebagai olahraga melepas stres, yoga juga menjadi olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan. Yoga membakar banyak kalori dan menawarkan banyak manfaat kesehatan yang mendorong penurunan berat badan.
Orang dengan berat badan 70 Kg dapat membakar 149 kalori dengan berlatih yoga selama 30 menit. Studi lain yang dilakukan selama 6 bulan pada 60 wanita obesitas menemukan fakta bahwa mereka mengalami pengurangan lingkar pinggang lebih cepat yaitu 3,8 cm dengan berlatih yoga selama 90 menit sepekan.
ADVERTISEMENT

Joging

Joging atau lari kecil juga merupakan salah satu pilihan untuk menurunkan berat badan. Berbeda dengan lari, joging dilakukan dengan kecepatan rata-rata di bawah 10 km per jam. Harvard Health mencatat, seseorang dengan berat badan 70 kg dapat membakar 298 kalori saat joging dengan kecepatan 9,7 km/jam selama 30 menit.

Bersepeda

Cara Menurunkan Berat Badan dengan 4 Jenis Olahraga di Rumah (392546)
Pixabay
Pada umumnya bersepeda dilakukan di luar ruangan, namun kini dengan bantuan alat seperti sepeda statis Anda bisa melakukannya di dalam ruangan. Penelitian Harvard Health mencatat bahwa orang dengan berat badan 70 Kg dapat membakar 260 kalori dengan bersepeda selama 30 menit dengan kecepatan rata-rata 19-22 Km per jam.

HIIT

High Intensity Interval Training atau biasa disebut HIIT merupakan olahraga kardio intensitas tinggi yang dilakukan dalam durasi singkat, yaitu 10 hingga 30 menit.
ADVERTISEMENT
Satu studi menyebutkan dengan melakukan HIIT, bisa membakar 25-30 kalori per menitnya. Cara menurunkan berat badan dengan melakukan HIIT mampu lebih cepat membakar lemak dan kalori.(RN)