Cara Menurunkan Berat Badan yang Mudah dan Aman

Konten dari Pengguna
5 April 2021 10:01
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi makanan untuk menurunkan berat badan, sumber foto: pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi makanan untuk menurunkan berat badan, sumber foto: pixabay
ADVERTISEMENT
Memiliki berat badan ideal merupakan impian hampir setiap orang. Badan ideal dapat membuat seseorang lebih percaya diri dan lebih sehat. Dikutip dari buku Slim is Easy: Cara Ajaib Menurunkan Berat Badan dengan Diet Rest (Rendah Energi Seimbang Teratur) yang ditulis oleh Rita Ramayulis (2014: 3), dijelaskan orang yang memiliki masalah gizi lebih (kegemukan atau obesitas) memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena beberapa penyakit, seperti penyakit jantung dan pembuluh darah, hipertensi, stroke, dan diabetes mellitus dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan ideal.
ADVERTISEMENT

Cara Menurunkan Berat Badan yang Mudah dan Aman

Bagaimana cara menurunkan berat badan yang mudah dan aman, meski kita melakukannya sendiri di rumah.
1. Pola Makan yang Sehat
Sekeras atau serajin apapun kamu berolahraga, jika idak dibarengi dengan pola makan yang sehat, maka berat badan tetap akan naik juga. Beberapa pola makan yang harus diwaspadai jika kamu ingin berat badan turun:
a. Makan pagi kurang protein dan serat
Makan pagi yang tinggi karbo seperti nasi kuning, nasi uduk, teh gula, atau kopi dengan gula akan membuat kita cepat lapar lagi dan meningkatkan nafsu makan. Oleh karena itu, sebaiknya sarapan pagi dengan makanan yang berprotein tinggi, lemak sehat, dan serat supaya lebih lama tahan lapar.
ADVERTISEMENT
b. Snack
Mengontrol snack atau kudapan merupakan bagian penting dalam proses diet, tujuan utamanya adalah meningkatkan metabolisme. Kudapan yang dimakan jangan yang memiliki tinggi karbon, seperti nasi, coklat, permen, atau minuman manis.
2. Latihan Beban dan HIIT (High Intensity Interval Training)
Latihan kardio memang membuat berat badan turun dan lebih tahan bagi kamu penderita asma (karena olahraga membuat daya tahan tubuh menjadi lebih tinggi). Namun, latihan kardio saja tidak akan bisa menurunkan badan, karena ada batasannya. Latihan beban dan HIIT dapat menjadi solusi diet karena dapat meningkatkan massa otot, sedangkan kardio tidak akan menambah efek yang signifikan bagi otot. Latihan kardio bahkan juga dapat membuat nafsu makan menjadi tidak terkendali.
ADVERTISEMENT
Demikianlah cara menurunkan berat badan yang mudah dan aman dilakukan di rumah. Selamat mencoba! (CL)