News
·
28 Juni 2021 9:40
·
waktu baca 2 menit

Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Benar

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Benar (913904)
searchPerbesar
Ilustrasi menilis tanggal dalam bahasa Inggris, sumber foto: https://unsplash.com/
Menulis tanggal dan waktu dalam Bahasa Inggris jauh berbeda dengan Bahasa Indonesia. Dalam Bahasa Inggris, untuk penulisan tanggal dibedakan berdasarkan kebutuhan formalitasnya. Penting bagi kita semua untuk mengetahui cara penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris yang benar agar tidak ada kekeliruan. Berikut pembahasan lengkapnya.
ADVERTISEMENT

Cara Menulis Tanggal dalam Bahasa Inggris

Ada dua cara menulis tanggal dalam Bahasa Inggris, yang pertama adalah menuliskan hari, sebelum bulan atau menuliskan bulan sebelum hari. Selain itu juga bisa menggunakan tulisan atau angka dengan akhiran bertingkat yaitu st, nd, rd atau th. Untuk penulisan tanggal sendiri tergantung referensi Bahasa Inggris yang digunakan yaitu British atau Amerika.
Cara Penulisan Tanggal dalam Bahasa Inggris yang Benar (913905)
searchPerbesar
Ilustrasi tanggal dalam bahasa Inggris, sumber foto: https://unsplash.com/
Dikutip dari buku Modul Pembelajaran Bahasa Inggris, Nike Aditya dan Tenia Kurniawati (2020: 136), ada lima format menuliskan tanggal dalam Bahasa Inggris yaitu :
1. Format pertama, yaitu cara penulisan tanggal yang pasti akan kita temukan di surat undangan, surat resmi, surat kedinasa, dan lain sebagainya yang mana memiliki tingkatan formal untuk ditulis.
ADVERTISEMENT
Contohnya :
British : The Twelve of September, 2017
American : September the Twelve, 2017
2. Format kedua, yaitu format penulisan tanggal dalam Bahasa Inggris yang paling sering digunakan semua orang. Namun format tanggal ini bukan format yang formal.
Contohnya :
British : 14th March 2015
American : March 14th, 2015
3. Format ketiga, yaitu format yang hampir mirip dengan format kedua namun tanpa imbuhan akhiran bertingkat. Untuk penulisan ini biasanya digunakan untuk tulisan non formal.
Contohnya :
British : 12 April 2015
America : April 12, 2015
4. Format keempat, yaitu format yang terbilang sederhana dan kita sering menemui format ini. Format keempat ini bisa kita temui dalam penulisan memo, surat pemberitahuan, surat pribadi atau jenis surat-surat bisnis.
ADVERTISEMENT
Contohnya :
British : 12/4/2021
American : 4/12/2021
5. Format kelima adalah ada tambahan hari sebelum penulisan tanggal.
Contohnya :
Wednesday, Jan 15th 2021
Wednesday, February 25th 2021
Itulah cara penulisan tanggal yang benar dalam Bahasa Inggris, di mana dalam penulisan kata-kata dalam Bahasa Inggris harus sesuai dengan grammar. (WWN)