Tekno & Sains
·
20 Januari 2021 21:24

Coba Cara Ini untuk Melakukan Sikap Lilin yang Benar

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Coba Cara Ini untuk Melakukan Sikap Lilin yang Benar (443715)
searchPerbesar
Sikap Lilin. Sumber: SehatQ.com
Sikap lilin masuk dalam kategori senam lantai, biasanya gerakan ini dilakukan di atas matras dengan gerakan kaki tegak di atas. Posisi kepala berada di bawah, gerakannya mirip dengan lilin.
ADVERTISEMENT
Dalam praktiknya untuk melakukan senam lilin terlihat mudah. Namun kita membutuhkan keseimbangan yang cukup kuat. Badan harus terlentang kemudian perlahan kaki diangkat ke atas.
Perlahan saat mengangkat kaki ke atas kita membutuhkan bantuan otot perut dan tangan. Pastikan kita harus melakukan gerakan dengan benar agar tidak terjadi cidera.
Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kita harus rutin dalam berlatih. Lebih utamanya kita juga harus menjaga pola makan dan olahraga karena sikap lilin sulit dilakukan apabila kita memiliki berat badan berlebih.

Sikap Lilin Bisa Langsung Praktik Gerakan yang Benar

Sebelum melakukan gerakan sikap lilin, Anda harus menyiapkan peralatan seperti matras. Jika Anda seorang pemula, sangat disarankan untuk meminta bantuan kepada orang lain agar gerakan dapat dilakukan dengan baik. Terlebih untuk melakukan awalan pasti kita membutuhkan bantuan orang lain.
ADVERTISEMENT
Ada dua awalan yang dapat dilakukan saat praktik senam lilin ini, Anda bisa langsung praktikan di rumah dengan dua awalan berikut ini.
1. Awalan jongkok.
Anda bisa melakukan awalan dengan posisi jongkok, letakan kedua tangan di atas matras dan tubuh diposisikan agar membentuk sebuah segitiga sama sisi. Tumpu badan menggunakan tangan, gerakan dahi secara seimbang di antara tangan kanan dan kiri. Pastikan dahi kepala ada ditengah kedua tangan agar seimbang saat melakukan pengangkatan kaki.
Anda bisa mencoba perlahan untuk mengangkat kedua kaki dan pinggul ke atas. Pada tahapan ini Anda bisa meminta bantuan orang lain untuk mengangkat kaki. Lakukan secara hati-hati agar tidak cidera. Anda akan berdiri seperti lilin ketika lolos melakukan tahap pengangkatan kaki, untuk mendapat keseimbangan bisa menumpu menggunakan dua tangan.
ADVERTISEMENT
2. Awalan terlentang
Cara awalan kedua bisa Anda lakukan dengan cara tidur terlentang. Posisi kedua kaki harus lurus dan rapat, sedangkan kedua tangan lurus berada di antara badan.
Fokus pada gerakan yang akan dilakukan, pandangan lurus ke atas, setelah itu coba langsung angkat kedua kaki beserta pinggul dengan bantuan kedua tangan. Keseimbangan tangan sangat diperlukan untuk dorongan kaki.
Angkat kaki sampai pinggul dan kaki menjadi bentuk yang lurus di atas, jaga keseimbangan agar bentuk kaki dan pinggul tidak bengkok.
Sudah berhasil melakukannya? Anda bisa melakukan pendaratan dengan menurunkan kaki secara perlahan. Jaga keseimbangan sebaik mungkin agar tidak terjadi cidera saat melakukan sikap lilin. Selamat mencoba di rumah semoga berhasil. (AG)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white