Tekno & Sains
·
30 Juni 2021 10:00
·
waktu baca 1 menit

Contoh Bakteri yang Menguntungkan bagi Kesehatan Manusia

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Contoh Bakteri yang Menguntungkan bagi Kesehatan Manusia (648831)
searchPerbesar
Ilustrasi bakteri menguntungkan bagi manusia, sumber foto: https://unsplash.com/
Mungkin banyak dari kita mengenal bahwa bakteri merupakan salah satu makhluk hidup yang bisa manganggu manusia atau biasanya disebut dengan parasit. Namun, ada beberapa bakteri yang menguntungkan bagi manusia, terutama bagi kesehatan manusia. Simak penjelasannya berikut ini.
ADVERTISEMENT
Bakteri merupakan oraganisme yang paling banyak jumlahnya dan tersebar luas dibandimgkan dengan makhluk hidup lainnya. Bakteri memiliki ratusan ribu spesies yang hidup di gurun pasir, salju atau es, hingga lautan. Bagi manusia sendiri bakteri ada yang menguntungkan ada juga yang merugikan.

Bakteri Menguntungkan Bagi Kesehatan Manusia

Contoh Bakteri yang Menguntungkan bagi Kesehatan Manusia (648832)
searchPerbesar
Ilustrasi bakteri menguntungkan bagi manusia, sumber foto: https://unsplash.com/
Berikut adalah contoh bakteri menguntungkan bagi manusia.
  1. Escherichia Coli. Dikutip dari buku Biologi Jilid 1, Diah Aryulina Dkk (2006: 75) escherichia coli merupakan bakteri yang berperan dalam proses pembusukan. Selain itu bakteri ini juga dikabarkan dalam beberapa penelitian dapat mencegah dan mengobati colitis ulserativa atau peradangan di usus besar.
  2. Lactococcis Lactis merupakan bakteri baik yang dapat ditemukan dari dalam keju, mentega, dan yoghurt di mana bakteri inilah yang membuat mereka menjadi memiliki rasa yang khas. Untuk manfaat dari bakteri ini sendiri pada umumnya dapat membantu memperbaiki mukosa atau lapisan pada usus pada orang yang memiliki inflammatory bowel disease atau peradangan pada usus.
  3. Lactobacillus Acidophilus adalah bakteri yang berada pada saluran pencernaan manusia. Bakteri ini memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh, selain itu bakteri ini juga dapat mengatasi diare. Bagi perempuan, bakteri ini dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan keputihan pada vagina. Bakteri ini juga dapat ditemukan didalam makanan dan minuman seperti susu, yoghurt, tempe, dan keju.
  4. Bifidobacterium Longum merupakan bakteri yang berfungsi memecah karbohidrat dan menetralkan racun di usus. Peran bakteri ini sangat penting dalam pencernaan manusia. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa setelah 20 minggu mengonsumsi bakteri ini kekebalan tubuh seseorang bisa meningkat.
  5. Streptococcus Thermophiles bakteri ini merupakan bakteri yang menghasilkan enzim lactase yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mencerna gula yang terkandung dalam susu. Bakteri ini memiliki manfaat mencegah intoleransi laktosa.
ADVERTISEMENT
Demikian adalah pembahasan mengenai bakteri yang bermanfaat bagi manusia, jadi anggapan bahwa bakteri selalu merugikan merupakan anggapan yang salah. (WWN)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white