Contoh Habitat Oryza sativa L dan Ciri-cirinya

Konten dari Pengguna
25 Oktober 2021 17:19 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Oryza sativa L. Foto: https://pixabay.com/
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Oryza sativa L. Foto: https://pixabay.com/
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Oryza sativa L. dikenal sebagai salah satu jenis tanaman pangan yang menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia yaitu nasi. Tanaman Oryza sativa L. yang juga diketahui sebagai tanaman padi ini rupanya memiliki banyak hal penting yang perlu kita ketahui seperti penamaan latin hingga contoh habitat dan ciri-cirinya.
ADVERTISEMENT
Mulai dari penamaan tanaman padi yang dikenal dengan nama latin Oryza sativa L. yang rupanya tersusun berdasarkan tata nama binomial yang juga disebut dengan istilah binomial nomenclature. Hal ini juga disebutkan dalam buku berjudul Dasar Agronomi yang disusun oleh Amarullah, ‎Mardhiana, ‎Willem (2021:38).
Dalam buku tersebut memaparkan bahwa tata nama binomial merupakan aturan penamaan baku bagi semua makhluk hidup yang terdiri dari dua kata (binomial). Contohnya adalah penulisan nama padi yang dikenal dengan nama latin Oryza sativa L. Jenis padi ini rupanya memiliki habitat dan ciri khusus yang penting untuk diketahui.

Contoh Habitat Oryza sativa L. dan Ciri-cirinya

Tanaman yang termasuk jenis tanaman serealia ini merupakan tanaman budidaya yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Hal ini seperti yang disebutkan dalam buku berjudul Budidaya Padi pada Lahan Marginal: Kiat Meningkatkan Produksi Padi yang disusun oleh Prof. Dr. Ir. M. Zulman Harja Utama, M.P (2015:5).
Ilustrasi Oryza sativa L. Foto: https://pixabay.com/
Dalam buku tersebut tertulis bahwa Oryza sativa L. merupakan spesies padi yang banyak dibudidayakan petani karena memiliki nilai ekonomis. Hal ini karena padi spesies tersebut merupakan spesies padi yang banyak dikonsumsi manusia untuk memenuhi kebutuhan makan harian.
ADVERTISEMENT
Agar tanaman padi dapat hidup dengan baik, kita perlu mengetahui habitat yang tepat untuk tanaman padi. Penjelasan habitat tanaman padi dijelaskan secara rinci dalam buku berjudul Ekonomi Lingkungan yang ditulis oleh Yunhendri Danhas, ‎Bustari Muchtar (2021:180) yang menyebutkan bahwa habitat Oryza sativa L. adalah lahan basah dengan pengairan yang cukup.
Tanaman padi atau Oryza sativa L. juga memiliki ciri khusus yang dapat kita identifikasi dengan mudah melalui ciri fisiknya. Berikut ini adalah ciri-ciri tanaman padi:
Penjelasan lengkap mengenai spesies padi Oryza sativa L. lengkap dengan ciri-ciri dan juga habitatnya dapat kita ketahui untuk menambah wawasan kita khususnya tentang budidaya padi di Indonesia. (DAP)
ADVERTISEMENT