Contoh Hak dan Kewajiban sebagai Siswa di Sekolah

Konten dari Pengguna
1 September 2021 17:47
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Contoh Hak dan Kewajiban sebagai Siswa di Sekolah (4067)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi siswa Sekolah Dasar. Foto: Unsplash.com
Selain memiliki hak dan kewajiban sebagai di rumah, anak usia sekolah juga mempunyai hak dan kewajiban di sekolah sebagai siswa.
ADVERTISEMENT
Walaupun masih berusia dini, anak juga perlu mengetahui hak dan kewajiban sebagai siswa di sekolah. Dengan kata lain apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang tidak boleh dilakukan saat mereka berada di sekolah.
Dengan mengetahui dan memahami hak dan kewajiban di sekolah, hal tersebut diharapkan melatih anak menjadi tertib, disiplin, dan mengerti arti dari tanggung jawab yang diberikan. Sehingga peraturan yang sudah dibuat bukan hanya untuk kebaikan sekolah, tetapi juga demi kebaikan anak.

Pengertian Hak dan Kewajiban di Sekolah

Contoh Hak dan Kewajiban sebagai Siswa di Sekolah (4068)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi anak-anak yang sedang menjalankan kegiatan belajar-mengajar. Foto: Unsplash.com
Mengutip dari Modul PPKN Kelas XI oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, hak adalah segala sesuatu yang didapat usai seseorang menjalankan kewajiban masing-masing. Sehingga, maksud dari hak di sekolah adalah segala sesuatu yang patut didapatkan siswa di sekolah.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, kewajiban adalah segala sesuatu yang harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab. Dengan demikian, pengertian kewajiban di sekolah, yaitu hal-hal yang wajib dilakukan di lingkup sekolah oleh anak-anak selaku pelajar.
Lalu, apa saja contoh hak dan kewajiban di sekolah? Simak contoh-contoh selengkapnya berikut ini.

Contoh Hak Siswa di Sekolah

Contoh Hak dan Kewajiban sebagai Siswa di Sekolah (4069)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi siswa yang belajar di sekolah. Foto: Unsplash.com
Berikut contoh dari hak siswa di sekolah yang perlu kamu ketahui. Simak selengkapnya di bawah ini.

Hak untuk mendapatkan ilmu pengetahuan dan pembelajaran dari guru kompeten

Tujuan siswa bersekolah, yaitu agar mendapatkan ilmu pengetahuan. Sains tersebut bisa bermacam-macam dan didapat dari setiap mata pelajaran sesuai dengan tingkatan kelasnya.
Jika suatu hari guru mata pelajaran berhalangan mengajar siswanya karena alasan tertentu, siswa berhak mendapat hari pengganti untuk mempelajari materi yang tak didapat saat guru tersebut absen.
ADVERTISEMENT

Hak untuk mendapatkan layanan Bimbingan dan Konseling (BK)

Bimbingan konseling di sekolah bertujuan agar siswa memiliki perilaku yang baik. Selain itu bimbingan konseling juga bisa membantu siswa mengatasi permasalahan yang sedang dialami di luar praktik belajar mengajar.

Hak untuk mengajukan pertanyaan jika ada materi yang tidak dipahami

Ketika siswa tidak paham dengan materi yang disampaikan guru, sebaiknya segera bertanya atau minta guru tersebut mengulangi penjelasannya. Pasalnya siswa berhak menanyakan lagi materi yang belum dipahami.

Hak untuk menggunakan fasilitas yang ada di sekolah

Setiap sekolah memiliki fasilitas penunjang yang berbeda. Contoh fasilitas yang ada di sekolah, yaitu lapangan, lab, kantin, perpustakaan, dan sebagainya. Fasilitas-fasilitas ini berhak dirasakan oleh semua siswa.

Hak untuk mendapatkan pemeriksaan kesehatan jika mengalami sakit saat di sekolah

Setiap sekolah pasti memiliki Unit Kesehatan Sekolah (UKS) yang berfungsi untuk menangani jika ada siswa yang sakit di sekolah. Maka dari itu, siswa tak perlu ragu dan takut mengunjungi UKS jika mengalami sakit saat di sekolah.
ADVERTISEMENT

Hak untuk mendapatkan perlindungan dan keamanan dari pihak sekolah

Ketika menjadi pelajar, seorang anak akan lebih banyak menghabiskan waktu di sekolah bersama teman, guru ataupun staf. Sebab itu mereka berhak mendapatkan perlindungan dan keamanan dari pihak sekolah terlepas dari suku, latar belakang, ataupun agama pelajar tersebut.

Hak untuk mendapatkan izin bila sakit atau keperluan yang sangat penting

Tak dimungkiri setiap manusia pasti pernah merasakan sakit. Pun begitu dengan siswa, saat sakit mereka berhak mendapatkan izin untuk istirahat dan tidak masuk sekolah.

Contoh Kewajiban Siswa di Sekolah

Contoh Hak dan Kewajiban sebagai Siswa di Sekolah (4070)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi siswa yang sedang mengerjakan tugas. Foto: Unsplash.com
Selain mengetahui hak siswa di sekolah, kamu juga perlu memahami contoh kewajiban di sekolah, berikut rinciannya:

Wajib mematuhi peraturan dan tata tertib sekolah

Setiap sekolah pasti memiliki peraturan yang sengaja dibuat agar proses belajar mengajar berlangsung kondusif. Dengan adanya peraturan ini, setiap siswa harus menaati tata tertib yang berlaku.

Wajib hadir tepat waktu sesuai jam sekolah

Peraturan hadir tepat waktu sudah menjadi aturan umum di semua sekolah. Hal ini bertujuan agar siswa terbiasa disiplin. Bagi yang tidak hadir tepat waktu maka sekolah akan memberlakukan sanksi tertentu.
ADVERTISEMENT

Wajib menjaga sopan santun ke seluruh warga sekolah

Setiap siswa wajib menunjung tinggi 5s, yaitu sopan, santun, salam, senyum, dan sapa selama berada di lingkungan sekolah. Sikap dan sifat 5S ini harus dilakukan siswa ke semua warga sekolah, baik teman, adik kelas, staf, hingga penjaga keamanan sekolah.

Wajib mengerjakan tugas sekolah

Saat belajar di sekolah beberapa guru mata pelajaran akan memberikan tugas atau pekerjaan rumah. Sebagai siswa yang baik, kamu harus mengerjakan tugas-tugas tersebut secara tepat waktu.

Wajib mengikuti jam pelajaran dan kegiatan sekolah

Contoh kewajiban siswa selanjutnya, yaitu mengikuti jam pelajaran dan kegiatan sekolah yang telah ditentukan. Kegiatan sekolah ini meliputi upacara bendera, ekstrakurikuler, senam pagi, dan lain-lain.

Wajib menjaga dan tidak merusak fasilitas sekolah

Semua fasilitas yang ada di sekolah wajib dirawat oleh seluruh warga sekolah, termasuk siswa. Misalnya dengan tidak mencoret tembok sekolah, tidak bermain bola di dalam ruangan kelas, dan lainnya.
ADVERTISEMENT

Wajib menggunakan seragam sesuai ketentuan sekolah

Setiap sekolah sudah menentukan seragam yang wajib digunakan dan dilarang. Misalnya, wajib menggunakan dasi setiap hari, dilarang menggunakan kaos kaki selain warna putih. Dengan peraturan ini siswa wajib mengikuti ketentuan penggunaan seragam yang dibuat oleh sekolah.
Itu dia uraian mengenai hak dan kewajiban di sekolah. Menurut Buku Ajar Mata Pelajaran Sekolah Dasar PKN dan Pancasila, sekolah bukan hanya tempat untuk belajar dan mendapat pendidikan formal, melainkan juga sebagai sarana melatih siswa dalam mengetahui hak dan kewajibannya sebagai siswa di sekolah.
(DNR) dan (ZHR)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020