Tekno & Sains
·
22 Juli 2021 17:23
·
waktu baca 1 menit

Contoh Kegiatan Ekonomi Penduduk di Sekitar Pasar

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Contoh Kegiatan Ekonomi Penduduk di Sekitar Pasar (346957)
searchPerbesar
Ilustrasi Contoh Kegiatan Ekonomi Penduduk di Sekitar Pasar. sumber: pexels.com/Abel Tan Jun Yang
Pasar umumnya berada di sekitar daerah dengan banyak penduduk. Dalam pasar terjadi interaksi pertukaran dan jual beli antar warga. Menurut Prof Damsar dan Dr. Indrayani dalam buku Pengantar Sosiologi Pasar, akar kata pasar atau market adalah mercatus yang berarti berdagang atau tempat berdagang.
ADVERTISEMENT
Terdapat tiga makna dari pengertian tersebut yaitu
  1. Pasar dalam arti fisisk
  2. Sebagai tempat mengumpulkan
  3. Hak atau ketentuan yang legal tentang suatu pertemuan pada suatu market place.
Sedangkan Clifford Geertz dalam buku Penjaja dan Raja menelusuri pengertian pasar sebagai kata serapan dari bahasa Parsi yaitu bazar, lewat bahasa Arab bermakna suatu pranata ekonomi dan sekaligus cara hidup, suatu gaya umum dari kegiatan ekonomi untuk mencapai semua aspek dari masyarakat dan sosial budaya.
Dalam pandangan Geertz, gejala-gejala alami dan gejala kebudayaan di mana keseluruhan dari kehidupan masyarakat pendukungnya dibentuk dari pasar.
Hal itu membuat kita ingin mencari tahu lebih banyak, apa saja contoh kegiatan ekonomi penduduk di sekitar pasar.

Contoh Kegiatan Ekonomi Penduduk di Sekitar Pasar

Penduduk Yang Berjualan Hasil Bumi atau Hasil Ternak
ADVERTISEMENT
Penduduk ini biasanya memiliki kegiatan usaha berkebun atau beternak di rumah. Mereka menjual hasil kebun dan ternaknya di pasar sekitar tempat tinggalnya.
Para Pedagang di Pasar
Penduduk di sekitar pasar biasanya bekerja sebagai penjual atau pedagang kios di pasar. Mereka biasanya ramah dan akrab dengan para pembeli. Mereka juga menjadi sumber pertukaran informasi dengan penjual lainnya atau warga sekitar yang menjadi pembeli.
Kuli Angkut/Kuli Panggul
Kita sering melihat kuli angkut dan kuli panggul di pasar. Mereka menawarkan jasanya untuk membantu membawakan bawaan barang-barang yang berat baik dari penjual maupun pembeli
Transportasi
Mereka biasanya pengemudi becak, pengemudi ojek atau pengemudi kendaraan umum. Pekerjaan mereka adalah membantu mengantarkan para penjual dan pedagang berikut barang-barang bawaan mereka dengan angkutan mereka.
ADVERTISEMENT
Pembeli ‘Kulakan’
Dalam bahasa Jawa kegiatan mereka biasa disebut ‘kulakan’. Biasanya mereka membeli barang dalam jumlah yang besar di pasar kemudian di jual lagi ke warung-warung atau toko
Penduduk Yang Menitipkan Dagangan di Pasar
Biasanya merupakan warga yang memiliki usaha snack atau jajanan pasar. Mereka menitipkan dagangan pada pedagang di pasar.
Itulah contoh-contoh kegiatan ekonomi penduduk di sekitar pasar. Semoga dapat menambah informasi tentang pasar pada Anda. (IND)