Tekno & Sains
·
9 Juli 2021 13:37
·
waktu baca 2 menit

Contoh Produk yang Dibuat dengan Bantuan Bakteri

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Contoh Produk yang Dibuat dengan Bantuan Bakteri (1034276)
searchPerbesar
ilustrasi produk yang dibuat dengan bantuan bakteri, sumber gambar: https://www.freepik.com/
Produk yang dibuat dengan bantuan bakteri dapat memberikan banyak manfaat bagi makhluk hidup, khususnya manusia. Jika dilihat dari sudut pandang biologi, proses mengolah makanan yang berasal dari pemanfaatan bakteri disebut dengan bioteknologi.
ADVERTISEMENT
Bioteknologi merupakan suatu teknik pengolahan pangan modern yang mengubah bahan mentah melalui transformasi biologi. Bioteknologi di masa kini tidak hanya bermanfaat untuk membuat olahan pangan, tetapi juga memiliki manfaat besar di bidang farmasi atau kesehatan. Namun, pada kesempatan kali ini, mari mengenal lebih jauh produk makanan apa saja yang terbuat dari proses bioteknologi.
Contoh Produk yang Dibuat dengan Bantuan Bakteri (1034277)
searchPerbesar
ilustrasi produk yang dibuat dengan bantuan bakteri, sumber gambar: https://www.freepik.com/

Contoh Produk yang Dibuat dengan Bantuan Bakteri

Ada banyak produk yang dihasilkan dari pengaplikasian bakteri. Dikutip dari buku Strategi dan Bank Soal HOTS Biologi SMA/MA Kelas 10, 11, 12 oleh Tim Maestro Eduka (2020; 132), inilah beberapa contoh produk yang dibuat dengan bantuan bakteri:
1. Keju
Keju merupakan produk yang dibuat dari air susu yang diasamkan dengan memanfaatkan bakteri asam laktat. Contohnya yaitu Streptococcus thermophillus dan Lactobacillus casei. Selain itu, pembuatan keju juga dapat memanfaatkan bakteri Penicillium roqueforti, Propioni bactericum dan Penicillium camemberti.
ADVERTISEMENT
2. Mentega
Mentega adalah produk yang dibuat dari bahan krim susu. Makanan olahan ini memanfaatkan bakteri Streptococcus lactis dalam proses pembuatannya.
3. Yoghurt
Yoghurt adalah hasil dari fermentasi susu. Bahan makanan ini menggunakan bantuan bakeri Streptococcus thermophillus dan Lactobacillus bulgaricus.
4. Tapai
Tapai adalah produk yang terbuat dari umbi-umbian atau beras ketan. Makanan ini melalui proses fermentasi dengan cara menggunakan bantuan dari jamur Saccharomyces cerevisiae.
5. Oncom Merah
Oncom merah merupakan produk yang terbuat dari ampas tahu dan memanfaatkan jamur Neurospora crassa. Adapun oncom hitam terbuat dari bungkil kacang tanah dan memanfaatkan jamur Rhizopus oligosporus.
6. Nata De Coco
Nata de coco adalah produk makanan yang mempunyai tekstur kenyal dan menyerupai gel yang warnanya putih transparan. Makanan yang satu ini dibuat dari air kelapa dengan menggunakan bantuan bakteri Aspergillus soyae.
ADVERTISEMENT
7. Kecap
Kecap adalah produk makanan berupa cairan berwarna hitam dan memiliki citarasa yang manis bercampur asin. Kecap dibuat dari kedelai hitam dan memanfaatkan jamur Aspergillus soyae dan Aspergillus wentii.
(DLA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white