Tekno & Sains
·
14 Januari 2021 16:53

Contoh Teks Editorial Tentang Kesehatan, Pendidikan, dan Lingkungan

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Contoh Teks Editorial Tentang Kesehatan, Pendidikan, dan Lingkungan (225188)
Ilustrasi Contoh Teks Editorial sumber: Yuk Pintar
Teks editorial merupakan suatu artikel yang menyajikan opini terkait suatu masalah. Biasanya teks tersebut ditulis di surat kabar atau artikel online. Isi dari teks tersebut biasanya mencerminkan dari suara mayoritas pemilik surat kabar.
ADVERTISEMENT
Orang yang menulis teks tersebut akan mengembangkan suatu pendapat dan mencoba memengaruhi masyarakat untuk sependapat dengan argumennya. Saat ini, teks editorial terus dimanfaatkan oleh masyarakat kini. Bagi Anda yang juga ingin mencoba menulis teks editorial, berikut ini beberapa contoh teks editorial.

Contoh Teks Editorial Tentang Lingkungan

Judul: Pro dan Kontra Mengenai Penanggulangan Dampak Buruk Degradasi pada Lingkungan
Degradasi lingkungan tampaknya semakin bertambah buruk, alih-alih ditanggulangi. Contohnya seperti panas terik di banyak kota, kekeringan yang berkepanjangan, dan tanah longsor selama musim hujan. Tentunya masalah ini sudah akrab bagi masyarakat yang berada di wilayah Jakarta.
Meski para pembuat kebijakan sudah lama menyadari akan hal tersebut, tapi upaya yang dilakukan oleh pihak tersebut gagal. Terbukti dari masalah yang terus terjadi berulang kali. Namun, tidak diragukan bahwa pihak tersebut berusaha untuk mencari solusi dengan melakukan diskusi bersama seseorang.
ADVERTISEMENT
Pemerintah tampaknya mencari jalan untuk mengatasi masalah tersebut dan berpikir dengan keras. Mereka harus memilih harus mengorbankan sesuatu untuk masa depan atau mengorbankan lingkungan yang akan berdampak pada masyarakat.
Contoh Teks Editorial Tentang Kesehatan
Judul: Pentingnya Menjaga Kesehatan Tubuh yang Sering Diabaikan
Masyarakat di Indonesia bisa dibilang mempunyai tingkat kemakmuran yang tinggi. Namun, hal tersebut juga berdampak pada konsekuensi peningkatan penyakit. Terlebih penyakit yang sering ditemukan adalah penyakit tidak menular. Sebut saja penyakit jantung, stroke, diabetes, kanker, dan sebagainya.
Cara mencegah hal tersebut sebenarnya cukup mudah. Namun, masyarakat cenderung lebih suka untuk menyakiti diri sendiri. Contohnya adalah mengonsumsi alkohol, merokok, begadang, sampai tidak menjaga pola makan. Ada baiknya untuk mengonsumsi makanan sehat, olahraga, dan tidur yang cukup.
ADVERTISEMENT
Contoh Teks Editorial Tentang Pendidikan
Judul: Pentingnya Study Tour yang Diadakan Sekolah
Beberapa sekolah mulai menerapkan study tour atau wisata menuju tempat yang cukup jauh. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan liburan sekaligus mendapatkan pengetahuan lebih. Diharapkan juga kegiatan tersebut bisa memberikan manfaat yang baik untuk para murid.
(ANG)