News
·
18 Agustus 2020 11:07

Cuti Bersama 2020 Dengan Fakta Terbarunya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Cuti Bersama 2020 Dengan Fakta Terbarunya (164417)
Fakta cuti bersama 2020 Fot: Doc : Kumparan
Semenjak pertengahan Maret tahun ini, berbagai upaya pencegahan dan pemutusan rantai virus corona banyak dilakukan antara lain seperti aturan belajar, bekerja dan beribadah dari rumah, PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) diberbagai daerah hingga larangan mudik saat cuti bersama 2020.
ADVERTISEMENT
Akibat aturan tersebut, banyak tradisi ‘khas’ lebaran yang akan hilang sementara waktu, seperti solat Idul Fitri bersama-sama, menikmati lebaran di kampung halaman hingga open house alias halal bihalal lebaran. Akhirnya, tradisi perayaan lebaran di Indonesia tahun ini pun terpaksa akan terasa beda demi keselamatan bersama.

Fakta Baru New Normal Saat Cuti Bersama 2020

Tambahan Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri yang semula adalah tanggal 26-29 Mei 2020, dicabut dan digeser ke akhir tahun pada tanggal 28-31 Desember 2020. Untuk pertamakalinya, Indonesia meniadakan cuti tambahan yang biasanya berurutan dengan hari raya idul fitri.
Jadi, setelah libur lebaran pada tanggal 24-25 Mei 2020, semua aktivitas belajar dan bekerja akan tetap berjalan seperti biasanya walaupun dilakukan dari rumah. Alasan mengapa dipindahkannya cuti bersama lebaran ke akhir tahun untuk mencegah masyarakat keluar rumah.
ADVERTISEMENT
Tentu karena harus kembali bekerja mulai dari tanggal 26 Mei 2020 kemarin dan memaksimalkan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) sampai kasus covid-19 sudah benar-benar berhasil diatasi.
Dengan semua peraturan baru tersebut tentu membuat Lebaran tahun ini sangat berbeda dari sebelumnya. Seperti Halal bihalal via video call yang terpaksa harus dilakukan baik kepada sanak keluarga yang terdekat sekalipun.
Larangan berkumpul dan memancing keramaian membuat jalinan silaturahmi idul fitri untuk tahun ini terpaksa harus terhalang layar handphone dan komputer. Kalau sudah tidak ada kumpul-kumpul berarti jatah THR juga tidak ada ya.
Tenang saja adanya kecanggihan teknologi e-wallet saat ini, bagi-bagi THR tetap bisa berjalan walaupun Lebaran hanya di rumah saja. Penggunaan aplikasi dompet digital yang sudah populer saat ini tidak hanya membuat proses bagi-bagi THR tetap lancar. Semoga tahun depan kita semua sudah bisa menikmati seperti biasanya dan tidak seperti cuti bersama 2020 sekarang. (Riska Ngilan)
ADVERTISEMENT