Tekno & Sains
·
28 Juli 2021 17:53
·
waktu baca 2 menit

Dampak yang akan Terjadi Jika Tidak Ada Tumbuhan dalam Kehidupan

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Dampak yang akan Terjadi Jika Tidak Ada Tumbuhan dalam Kehidupan (1163874)
searchPerbesar
Ilustrasi Dampak yang akan Terjadi Jika Tidak Ada Tumbuhan dalam Kehidupan. sumber: pexels.com
Kita sudah mengenal macam-macam manfaat tumbuhan untuk kehidupan dan untuk semua makhluk hidup. Sekarang mari kita bayangkan jika tidak ada tumbuhan, apa yang akan terjadi dan apa dampaknya bagi makhluk hidup dan untuk bumi?
ADVERTISEMENT

Dampak yang akan Terjadi Jika Tidak Ada Tumbuhan dalam Kehidupan

1. Udara Akan Semakin Kotor dan Kita Tidak Dapat Bernapas Dengan Baik

Tumbuhan menyerap karbondioksida dan melalu proses fotosintesis karbondioksida diproses menjadi oksigen. Karbondioksida berasal dari asap-asap mesin, kendaraan dan asap dari pabrik.
Jika tidak ada tumbuhan maka kita akan kekurangan oksigen, tidak ada karbondioksida yang terserap dan kita akan semakin kesulitan mendapat udara segar untuk bernapas.

2. Bumi Akan Semakin Panas

Adanya pepohonan melindungi kita dari panas matahari. Pohon-pohon yang rindang menghalangi panas matahari mengenai kita secara langsung. Bayangkan jika tidak ada pohon-pohon ini maka bumi akan semakin panas terkena sinar matahari.

3. Tidak Ada Persediaan Makanan

Tumbuhan juga menghasilkan makanan baik untuk hewan maupun untuk manusia. Jika tidak ada tumbuhan yang menghasilkan makanan maka kita tidak akan punya sumber energi. Tidak ada pula persediaan bahan makanan pokok.
ADVERTISEMENT
Kita bisa makan dari hewan namun hewan-hewan pun mengkonsumsi tumbuhan. Jika tidak ada tumbuhan sebagai penghasil makanan untuk hewan-hewan tersebut, maka hewan-hewan tersebut akan habis dan semua bahan pangan nabati dan hewani untuk manusia pun habis.

4. Ketidakseimbangan Rantai Makanan

Seperti yang kita bahas sebelumnya. Jika tumbuhan sebagai penghasil makanan tidak ada, maka hewan-hewan herbivora pemakan tumbuhan akan habis. Begitu pula hewan-hewan karnivora yang memakan hewan pemakan tumbuhan juga akan habis, karena itu rantai makanan pun akan hancur dan keseimbangan ekosistem pun terganggu.

5. Tidak Ada Habitat Untuk Hewan

Jika hutan di dunia ini habis, maka tidak ada lagi habitat untuk hewan-hewan yang tinggal di hutan. Hewan-hewan tersebut tidak akan punya tempat tinggal lagi. Maka mereka juga akan ikut punah sehingga tidak ada lagi keanekaragaman hayati.
ADVERTISEMENT
Kita sudah sering melihat berita tentang kepunahan hewan yang habitatnya terdesak karena pembangunan sehingga kehilangan tempat tinggal dan sumber makanan di habitat tersebut.

6. Terjadi Bencana Alam

Tumbuhan juga ikut menjaga supaya tidak terjadi bencana alam seperti tanah longsor, erosi, dan banjir. Jika tidak ada tumbuhan yang menutup permukaan tanah atau menahan permukaan tanah maka akan terjadi bencana alam. Sudah banyak kan peristiwa bencana banjir, erosi, dan tanah longsor yang penyebabnya karena lahan gundul tanpa ditanami pohon-pohon?
Itu dia dampak yang akan ditimbulkan jika tumbuhan tidak ada lagi di dunia. Jadi, mari kita bersama-sama melestarikan tumbuhan supaya dampak tersebut tidak akan kita lihat di masa depan. (IND)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white