Tekno & Sains
·
22 Juli 2021 15:29
·
waktu baca 1 menit

Dimensi: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Jenis-Jenisnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Dimensi: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Jenis-Jenisnya (35894)
searchPerbesar
Dimensi. Sumber: piqsels.com
Seni rupa merupakan cabang kesenian yang dihasilkan dari ungkapan ide atau gagasan serta perasaan manusia. Setiap seni rupa pasti memiliki dimensi. Apa itu dimensi? Dimensi adalah suatu karya seni yang memiliki ukuran, bisa berupa panjang, lebar, hingga volume. Adapun panjang, lebar, dan volume tersebut adalah ciri-ciri khusus dari dimensi.
ADVERTISEMENT
Dalam karya seni rupa, terdapat beberapa jenis, yakni dimensi satu, dua, tiga, dan empat. Apa perbedaan dari keempat dimensi tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian dan Jenis-Jenis Dimensi

Dimensi: Pengertian, Ciri-Ciri, dan Jenis-Jenisnya (35895)
searchPerbesar
Dimensi. Sumber: piqsels.com
Berikut adalah penjelasan tentang jenis-jenis dimensi yang dikutip dari buku Aplikasi Google SketchUp untuk Desain 3 Dimensi karya Rio Manullang (2019).
1. Dimensi Satu
Dimensi satu adalah dimensi yang hanya memiliki satu unsur dimensi saja, yakni panjang. Benda-benda dimensi bisa bergeak dengan bebas ke arah kanan dan ke arah kiri. Contohnya adalah garis.
2. Dimensi Dua
Dimensi dua adalah dimensi yang memiliki dua unsur dimensi, yakni unsur panjang dan lebar. Benda-benda dimensi dua ini bisa bergerak ke arah kanan, kiri, atas, dan bawah. Benda dimensi dua juga sering disebut dengan bangun datar karena berciri memiliki luas dan keliling. Contohnya seperti persegi panjang, persegi, dan segitiga.
ADVERTISEMENT
3. Dimensi Tiga
Dimensi tiga adalah dimensi yang memiliki tiga unsur panjang, lebar, serta tinggi. Benda-benda dimensi tigas dapat bergerak ke kanan, kiri, atas, bawah, depan, dan belakang. Dimensi tiga disebut juga dengan bangun ruang. Salah satu ciri dimensi tiga adalah dapat diisi benda tertentu karena memiliki volume. Contohnya seperti kubus, tabung, mobil, dan rumah.
4. Dimensi Empat
Hingga saat ini, pengertian dimensi empat masih banyak diperdebatkan. Sebagian ahli mengatakan bahwa dimensi empat sangat berkaitan dengan masalah waktu. Jadi, bisa dibilang jika dimensi empat dapat diartikan sebagai dimensi tiga yang sudah dilengkapi dengan dimensi waktu.
Itulah penjelasan tentang dimensi yang dapat Anda ketahui. Kini Anda bisa menemukan banyak benda dimensi di sekeliling kita. Jadi, dimensi adalah ukuran yang meliputi panjang, luas, tinggi, lebar, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
(Anne)