Bisnis
·
3 Februari 2021 16:07

Ekuitas adalah? Cek di Sini Definisi Menurut Para Ahli

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Ekuitas adalah? Cek di Sini Definisi Menurut Para Ahli (768527)
searchPerbesar
Ekuitas, Foto: Dok. Invc.news
Ekuitas adalah salah satu situlah yang sudah tidak asing lagi dalam ilmu ekonomi. Ekuitas sendiri menurut KBBI adalah kepemilikan dalam bentuk nilai uang. Untuk selanjutnya artikel ini akan membahas secara lebih lengkap mengenai pengertian dan definisi ekuitas menurut beberapa ahli dan instansi. Simak ulasannya berikut ini.
ADVERTISEMENT

Definisi Ekuitas Menurut Ahli

Berikut adalah sejumlah definisi ekuitas berdasarkan para ahli.
  1. Standar Akutansi Keuangan (PSAK No.21): Ekuitas merupakan bagian hak pemilik dalam perusahaan yaitu selisih antara asset dan kewajiban yang ada, dan dengan demikian tidak merupakan ukuran nilai jual perusahaan tersebut. Pada dasarnya ekuitas berasal dari investasi pemilik dan hasil usaha perusahaan. Ekuitas akan mengalami pengurangan terutama dengan adanya penarikan kembali penyertaan oleh pemilik, pembagian keuntungan atau karena kerugian. Ekuitas terdiri atas setoran pemilik yang sering kali disebut modal atau simpanan pokok anggota untuk badan hukm koperasi, saldo laba, dan unsur lain.
  2. Freddy Samuel Kawatu: Ekuitas adalah salah satu pos utama dalam neraca pemerintah daerah, selain asset dan kewajiban.
  3. Standar Akutansi Pemerintahan: Ekuitas merupakan kekayaan bersih pemerintah.
  4. Bachtiar dan Nurfadila: Ekuitas merupakan modal perusahaan yang hak residu atas asset perusahaan setelah dikurangi semua kewajiban. Atau dengan kata lain, ekuitas adalah salah satu sumber dana perusahaan yang berasal dari pemegang saham atau pemilik perusahaan dan laba usaha yang diperoleh perusahaan.
ADVERTISEMENT
Dari beberapa definisi diatas dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa ekuitas adalah jumlah kekayaan bersih yang dimiliki oleh pemilik perusahaan yang sudah dikurangi dengan kewajiban dan utang.

Tujuan Ekuitas

Menurut Standar Akutansi Keuangan (2007), tujuan ekuitas sebagai bagian hak pemilik dalam perusahaan yang harus dilaporkan sehingga dapat memberikan informasi mengenai sumbernya secara jelas dan disajikan sesuai dengan peraturan perundangan dan akta pendirian yang berlaku.
Semoga informasi ini bermanfaat.
(RYFA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white