Fabel: Istilah Dongeng yang Tokohnya Berupa Hewan

Konten dari Pengguna
10 Maret 2022 18:18
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Fabel. (Foto: Mysticsartdesign by https://pixabay.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Fabel. (Foto: Mysticsartdesign by https://pixabay.com)
ADVERTISEMENT
Cerita fantasi adalah cerita yang bersifat imajinatif dan hal yang dikisahkan masih diragukan kebenarannya karena kurang masuk akal. Hal tersebut disebabkan oleh tokoh-tokoh yang ditampilkan umumnya adalah dewa-dewi, raksasa, makhluk ajaib, manusia dan kesaktian, dan tokoh-tokoh lain yang tidak dapat ditemui dalam kehidupan nyata. Cerita fantasi terdiri dari berbagai jenis. Dongeng yang tokohnya berupa hewan disebut dengan fabel.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari buku Sastra Indonesia untuk Siswa Madrasah Aliyah (MA) yang ditulis oleh Cikawati (2020: 9), fabel merupakan salah satu jenis prosa lama yang mengisahkan pengajaran moral dengan tokohnya yang diperagakan binatang. Namun, binatang-binatang tersebut bertingkah laku layaknya manusia. Nah, artikel kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai fabel.

Mengenal Cerita Fabel

Ilustrasi Fabel. (Foto: 0fd125gk87 by https://pixabay.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Fabel. (Foto: 0fd125gk87 by https://pixabay.com)
Dongeng yang tokohnya berupa hewan disebut dengan fabel. Adapun fabel dapat disebut pula cerita moral karena dari teks tersebut dapat diambil nilai-nilai moral yang diperlukan dalam kehidupan. Berikut adalah struktur dan kaidah kebahasaan fabel:
  • Orientasi, bagian ini merupakan bagian awal yang berisi pengenalan tokoh, latar tempat dan waktu, dan awalan masuk ke tahap berikutnya.
  • Komplikasi, bagian ini berisi urutan kejadian yang dihubungkan secara sebab akibat. Komplikasi merupakan bagian inti cerita yang berisi permasalahan. Adapun permasalahan dalam sebuah cerita harus ada dan harus diciptakan saat menulisnya.
  • Resolusi, bagian ini merupakan kelanjutan dari komplikasi, yaitu pemecahan masalah. Penggambaran solusi pemecahan masalah. Penggambaran solusi pemecahan masalah dibuat sekreatif mungkin agar menimbulkan kesan yang menarik.
  • Koda, bagian ini merupakan bagian akhir cerita yang biasanya berupa simpulan atau akhir cerita. Bagian ini juga dapat berisi perubahan yang dialami.
ADVERTISEMENT
Agar lebih jelas, berikut adalah contoh penggalan fabel:

Kisah Semut dan Kepompong

Di sebuah hutan yang sangat lebat, tinggallah bermacam-macam hewan. Ada semut, gajah, harimau, bebek, dan sebagainya. Pada suatu hari, datanglah badai yang sangat dahsyat. Badai itu seketika membuat panik seluruh hewan penghuni hutan itu. Semua hewan berlari ketakutan menghindari badai tersebut. Keesokan harinya, matahari muncul dengan sangat hangat. Kicauan burung terdengar merdunya, tetapi apa yang terjadi? banyak pohon tumbang berserakan sehingga membuat hutan itu sangat berantakan.

Demikianlah penjelasan mengenai fabel lengkap dengan penggalan contohnya. Semoga bermanfaat! (CHL)
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·