Woman
·
24 Februari 2021 19:53

Fakta Unik di Balik Kalender China 2021

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Fakta Unik di Balik Kalender China 2021 (88420)
Ilustrasi Kalender China. Sumber: Unsplash.com
Kalender China dijadikan patokan untuk menentukan kapan tahun baru Imlek dirayakan. Pada dasarnya dalam perhitungan tahunnya menggunakan tanda dari siklus matahari.
ADVERTISEMENT
Berbeda dengan perhitungan bulan menggunakan fase bulan. Seperti yang kita ketahui kalender China memiliki perhitungan yang sama dengan kalender Yahudi. Beberapa penandanya dikaitkan dengan cuaca atau kegiatan pertanian.
Kalender dibuat berdasarkan pergerakan bulan terhadap bumi memiliki rentang waktu yang lebih singkat, sehingga dalam satu tahun Kalender Cina memiliki 353-355 hari dalam setahun dibagi kedalam 12 bulan.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai keunikan dari kalender China 2021 yuk simak ulasan berikut ini.

Kalender China digunakan Memiliki Keunikan

1. Kalender setiap tahun berubah
Momen yang paling ditunggu dari perubahan kalender China adalah perayaan Tahun Baru Imlek. Pada tahun ini hari raya Imlek jatuh pada tanggal 12 Februari 2021. Memang biasanya jatuh pada tanggal 21 Januari hingga 20 Februari.
ADVERTISEMENT
2. Dijadikan penentu perkawinan
Kalender ini dipercaya digunakan oleh masyarakat Tionghoa untuk memperingati berbagai perayaan tradisional yang sudah ada sejak dulu.
Banyak dari orang Tionghoa menetukan hari baik dari perhitungan kalender ini. Mereka akan menggunakannya sebagai penentu hari perkawinan yang dapat memberikan banyak keuntungan, kegembiraan, dan keberhasilan. Tak hanya itu, kepercayaan mereka untuk memulai usaha sesuai dengan tanggal yang baik juga akan membawa kesuksesan dan hasil yang berlimpah.
3. Tahun Kerbau
Sesuai dengan kalender China, tahun ini disebut sebagai tahun kerbau logam. Banyak para ahli Feng Shui yang berpendapat bahwa pada tahun ini adalah tahun yang baik untuk Anda yang memiliki kerja keras tinggi.
Unsur logam sendiri diketahui sebagai sesuatu yang berkilau, diartikan bahwa tahun ini adalah tahun kilau untuk industri yang terkait pada logam. Sedangkan kerbau dalam budaya Tionghoa diartikan sebagai tanda shio pekerja keras.
ADVERTISEMENT
4. Ada sejak tahun 551 sebelum masehi
Penanggalan kalender China memang sudah ada sejak dulu tahun 551 sebelum masehi. Tahun itu bertepatan dengan lahirnya lahirnya Confusius, yaitu tokoh penting dalam peradaban Cina. Ia yang menyebarkan paham Confusianisme.
Confusianisme pertama kali muncul dianggap sebagai etiket moral dan nilai sosial di negara China, bukan sebagai agama. Menurut bangsa China keluarga dan kehidupan adalah arena beragama. Hingga kini paham tersebut terkanal dengan kepecayaan Kong Hu Chu.
Penanggalan Cina kemudian dihitung dari hari lahirnya Confusius dan ditandai dengan bulan baru (saat bulan tidak tampak di langit) yang mengakhiri musim dingin.
5. Mempertahankan Perhitungan Tradisional
Bulan baru pertama di langit sebagai penanda tahun baru. Masyarakat Cina menggunakan perhitungan kalender selama ratusan tahun hingga Mao Zedong mengadopsi Kalender Masehi untuk menandai tanggal di Cina pada tahun 1949 ketika Republik Rakyat Cina dibentuk.
ADVERTISEMENT
Meski sudah menggunakan kalender modern. Kepercayaan mereka masih mempertahankan perayaan berdasarkan kalender tradisional China untuk merayakan momen Tahun Baru Imlek. Demikian fakta unik dari kalender China yang dapat dijadikan pelajaran dan ilmu pengetahuan. (AA)