News
·
20 April 2021 22:56

Fakta Unik Hindu Sebagai Agama Tertua Di Dunia

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Fakta Unik Hindu Sebagai Agama Tertua Di Dunia (545496)
Ilustrasi dewa dalam agama Hindu. Sumber: Unsplash
Saat ini kita tentu mengenal ada banyak sekali agama ataupun aliran kepercayaan yang dianut oleh masing-masing orang di berbagai penjuru dunia. Namun sudahkah kamu sebenarnya apa agama tertua di dunia?
ADVERTISEMENT
Secara umum, banyak ahli yang menyebutkan bahwa agama Hindu merupakan agama tertua di dunia. Pernyataan ini juga serupa dengan keterangan yang tercantum dalam buku Atlas Dunia Zaman Kuno, Simon Adams (2007: 37), di mana agama Hindu atau keyakinan Hinduisme adalah agama tertua di dunia yang terbentuk sekitar 5000 tahun sebelum masehi.
Kata Hindu dalam kepercayaan Hinduisme itu sendiri disebut berasal dari kata Persia (sekarang Pakistan), yakni shindhu yang mengandung arti sungai. Makna sungai dalam kata Hindu sendiri sebenarnya merujuk kepada asal-usul kepercayaan tersebut, dimana agama Hindu terbentuk pertamakalinya di lembah sungai Indus, Persia oleh orang-orang Mahenjo-Daro dan Harrapa.

Hinduisme dan Brahmanisme Adalah Agama Tertua di Dunia

Meski agama Hindu dikenal sebagai agama tertua di dunia, namun ada pula yang berpendapat bahwa kepercayaan Brahmanisme merupakan ajaran agama tertua yang pernah ada. Pasalnya kepercayaan Brahmanisme tersebut telah terbentuk sebelum adanya agama Hindu, yakni 8000-6000 tahun sebelum masehi.
ADVERTISEMENT
Sama seperti halnya agama Hindu, paham Brahmanisme juga menganut ajaran untuk menyembah banyak dewa atu politeisme. Berdasarkan hal tersebut, maka beberapa ahli juga berpendapat bahwa Hinduisme merupakan agama yang mengadopsi ajaran agama Brahmanisme. Oleh sebab itu banyak pula yang menjadikan Brahmanisme dan Hinduisme sebagai satu kesatuan kepercayaan atau agama.
Saat ini sendiri agama Hindu merupakan agama tertua di dunia yang masih eksis dan memiliki banyak penganut. Di negara India misalnya, agama Hindu merupakan agama utama yang banyak dianut oleh masyarakatnya secara umum.
Demikian ulasan singkat tentang Hindu sebagai agama tertua di dunia. Semoga ulasan singkat tadi dapat memberikan manfaat. (HAI)