Tekno & Sains
·
21 Juli 2021 18:29
·
waktu baca 2 menit

Filum Coelenterata: Contoh Hewan, Klasifikasi, dan Jenisnya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Filum Coelenterata: Contoh Hewan, Klasifikasi, dan Jenisnya (35273)
searchPerbesar
Ilustrasi coelenterata sumber: murid.go.id
Di laut ada berbagai jenis hewan yang bentuknya unik. Salah satunya karang. Karang yang ada di laut atau pantai terbentuk dari kerangka luar tubuh salah satu jenis coelenterata. Apakah itu coelenterata?
ADVERTISEMENT
Berdasarkan buku Mengenal Coelenterata oleh Eko Wahono (Penerbit Alprin). Coelenterata adalah invertebrata yang memiliki rongga tubuh. Disebut juga Cindaria karena sesuai dengan cirinya yang memiliki sel penyengat. Sel penyengat ini terletak pada tentakel sekitar mulutnya.

Filum Coelenterata: Contoh Hewan, Klasifikasi, dan Jenisnya

Klasifikasi Coelenterata

Philum Coelenterata terbagi atas berikut
Klas 1 Hydrozoa
Tidak memiliki stomodeum, enteron tidak memiliki bagian-bagian dan tidak bernematocyst. Mesoglea non cellular, medusa biasanya kecil dengan vellu., terdapat dalam air asin atau air tawar. Hidup secara soliter atau kolono. Terdiri atas 3700 spesies.
Klas 2 Scyphozoa (scyphomedusae)
Terutama berupa medusa yang hidup bebas; berbentuk genta atau payung dengan bagian radial simetri dan mesoglea berbahan gelatin. tidak memiliki villum yang sebenarnya, tidak memiliki stomodeum, memiliki lambung pusat gastrovaskular dengan kantung-kantung , terdapat takikan pada tepi genta dengan tentaculocyst dengan statolith endotermal.
ADVERTISEMENT
Klas 3 Anthozoa
Semuanya berupa polip dan menempel (tanpa medusa), cakram oral tipis atau pipih, dengan tentakel pendek, mulut bersambung dengan stomodeum (kerongkongan), biasanya memiliki siphonoglhyph; enteron terbagi menjadi kamar-kamar oleh septa yang vertikal; mengandung nematocyst pada batas pinggiran sebelah dalam; memiliki jaringan ikat mesoglea; memiliki atau tidak memiliki skeleton; gonad (endotermal) terdapat dalam septa semua hidup dalam laut secara soliter atau koloni. Terdapat 610 species.

Jenis-Jenis Coelenterata

Acropora
Acropora disebut juga karang meja, elkorn atau staghorn. Dapat tumbuh sebagai lempengan tipis dan bercabang meluas di dasar laut, tergantung jenis dan lokasi tumbuhnya.
Aurelia Aurita (ubur-ubur bulan)
Cantik bukan namanya? Aurelia Aurita merupakan salah satu jenis ubur-ubur Lebih dari sepuluh spesies morfologi ubur-ubur identik ke dalam genus aurellia.
ADVERTISEMENT
Bubbletip Anemon (Anemon Ujung Gelembung)
Spesies anemon yang berasal dari lautan indo-pasifik. Di alam liar, Bubble Tip Anemon merupakan rumah alami bagi beberapa spesies seperti ikan badut.
Cubozoa (Ubur-ubur kotak)
Disebut ubur-ubur kotak karena medua yang berbentuk seperti kotak/kubus. Jenis cubozoa yang sangat terkenal adalah chironex fleckeri. Beberapa jenis cubozoa terkenal dengan racun yang sangat mematikan.
Chironex Beckeri (Tawon Laut)
Jenis ubur-ubur kotak yang terkenal berbisa paling mematikan yang hidup di perairan pantai utara Australia. Disebut berbahaya karena telah banyak mengakibatkan cedera maupun kematian karena sengatannya yang berbahaya.
Sekian pemaparan mengenai coelenterata semoga dapat menambah wawasan Anda tentang jenis hewan laut. (IND)