Tekno & Sains
·
11 Februari 2021 9:25

Fungsi Bagian-bagian Telinga: Luar, Tengah, Dalam dan Penjelasannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Fungsi Bagian-bagian Telinga: Luar, Tengah, Dalam dan Penjelasannya (294006)
Ilustrasi Bagian-bagian Telinga, sumber: Materi IPA
Bagian-bagian telinga terdiri dari bagian luar, tengah dan dalam yang memiliki fungsinya masing-masing. Dalam artikel kali ini akan diulas mengenai penjelasan bagian bagian telinga beserta dengan fungsinya sehingga sangat sayang jika dilewatkan.
ADVERTISEMENT

Bagian-bagian Telinga dan Fungsinya

Berikut ini bagian bagian telinga beserta dengan penjelasan dan juga fungsinya:
1. Bagian Telinga luar (outer ear)
  • Struktur telinga bagian luar tersusun dari daun telinga yang disebut dengan auriculia, dan juga kanal pendengaran telinga atau liang telinga (ear canal).
  • Auriculia atau daun telinga terbentuk dari tulang rawan elastis yang melekat erat pada kulit yang miring, yang tugasnya adalah menangkap suara dan melokalisasi suara
  • terbentuk dari auricula (daun telinga) dan kanal pendengaran eksternal (). Auricula terbentuk oleh. Ini. Auricula membentuk cekungan yang disebut concha dan bagian pinggirannya dinamakan heliks.
  • Sementara itu, liang telinga (ear canal) dibentuk oleh tulang rawan dan tulang temporal dan disebut juga sebagai gendang telinga dan melengkung membentuk huruf S. Lengkungan tersebut berguna untuk mencegah benda asing mencapai membran timpani.
  • Ada beberapa saraf sensori di bagian telinga luar, seperti saraf aurikular, saraf oksipital, saraf ariculotemporal, dan cabang aurikular saraf fagus (saraf arnold).
ADVERTISEMENT
2. Bagian Telinga tengah (middle ear)
  • Fungsi telinga bagian tengah adalah mengantarkan suara yang telah dikumpulkan auricula ke telinga dalam. Bagian telinga tengah memanjang dari rongga ke membran timpani, ke jendela oval yang terdiri dari tulang malleus, incus, dan stapes dan banyak dinding yang rumit.
3. Telinga bagian dalam (inner ear)
  • Bagian telinga dalam disebut dengan rongga labirin yang berfungsi membantu keseimbangan dan menyalurkan suara ke sistem saraf pusat. Rongga labirin ini terbentuk dari labirin osseus, yang merupakan rangkaian tulang temporal dan labirin membran (kantung dan saluran membran).
Demikian adalah ulasan mengenia bagian bagian telinga, semoga bermanfaat. (adelliarosa)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white