Tekno & Sains
·
22 Juli 2021 17:19
·
waktu baca 1 menit

Fungsi Bagian Hidung dalam Sistem Pernapasan Manusia

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Fungsi Bagian Hidung dalam Sistem Pernapasan Manusia (6580)
searchPerbesar
Ilustrasi fungsi bagian hidung dalam sistem pernapasan manusia. Sumber: Freepik
Hidung merupakan salah satu organ dalam sistem pernapasan yang terletak di bagian paling luar tubuh. Seperti yang sudah kita ketahui, secara umum bagian hidung merupakan organ yang berperan dalam proses menghirup udara atau oksigen. Namun selain itu, bagian-bagian dalam hidung juga memiliki peranan masing-masing dalam pernapasan lho!
ADVERTISEMENT
Mengutip dari laman resmi sumber.belajar.kemdikbud.go.id (diakses pada 22/7/21), organ hidung dalam sistem pernapasan manusia terdiri dari beberapa bagian yang memiliki fungsi masing-masing. Adapun macam-macam bagian hidung serta fungsinya yang perlu diketahui tersebut ialah sebagai berikut:

Fungsi Bagian Hidung dalam Sistem Pernapasan Manusia yang Perlu Dipahami

Fungsi Bagian Hidung dalam Sistem Pernapasan Manusia (6581)
searchPerbesar
Ilustrasi bagian-bagian hidung. Sumber: eprint.undip.ac.id
  • Lubang hidung, merupakan bagian yang berfungsi sebagai tempat masuknya udara atau oksigen. Disamping itu, bagian tersebut juga berfungsi untuk melindungi organ hidung dari ancaman benda dari luar
  • Rongga hidung, merupakan saluran di dalam hidung berfungsi untuk melanjutkan udara yang dihirup ke arah tenggorokan. Pada bagian inilah terdapat banyak selaput lendir dan rambut-rambut halus (silia) yang biasa kita sebut sebagai bulu hidung.
  • Selaput lendir dan rambut hidung, berfungsi sebagai penyaring udara atau benda-benda asing yang turut masuk saat manusia menarik nafas, sepertihalnya debu ataupun kuman.
  • Konka, menurut Metode Cling Biologi Gak Pake Mikir (2011: 293), konka merupakan bagian rongga hidung yang dikenal memiliki pembuluh kapiler yang berfungsi untuk menghangatkan udara yang masuk ke dalam pernapasan.
  • Membran Mukosa dalam septum, menurut ruangguru.com (diakses pada 22/7/21) berfungsi untuk mengatur suhu dan kelembapan udara yang masuk ke dalam sistem pernapasan manusia.
  • Saraf hidung, berfungsi sebagai penerima/reseptor utama rangsangan pada indera penciuman. Sederhananya, saraf inilah yang membuat manusia dapat menghirup aroma berbagai benda seperti makanan, parfum dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Itulah beberapa bagian pada hidung dan fungsi masing-masing dalam sistem pernapasan manusia yang perlu dipahami. Semoga ulasan singkat tadi dapat bermanfaat. (HAI)