Tekno & Sains
·
16 Februari 2021 12:36

Fungsi Rangka Manusia Sebagai Struktur Penyusun Tubuh

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Fungsi Rangka Manusia Sebagai Struktur Penyusun Tubuh (22282)
Ilustrasi rangka manusia. Sumber: Pinterest
Rangka manusia merupakan kesatuan struktur tulang yang secara umum berfungsi menjadi penyokong tubuh. Fungsi rangka manusia lainnya juga berperan penting untuk melindungi banyak organ vital yang ada di dalam tubuh lho!
ADVERTISEMENT
Dari buku Cerdas Sains Kelas 4-6 SD, Yualind Setyaningtyas, S.si, (2009:5), disimpulkan rangka manusia dapat diartikan sebagai organ tubuh yang terdiri dari susunan tulang. Mulai dari yang bersifat tulang sejati, tulang rawan, kartilago, ligamen, serta jenis tulang lainnya. Kesatuan dan kerjasama dari tulang-tulang inilah yang mampu membuat rangka dalam tubuh memiliki kinerja dengan semestinya.

Fungsi Rangka Manusia di dalam Tubuh

Ingin mengetahui apa saja fungsi rangka manusia di dalam tubuh? Yuk simak poin-poin berikut!
Pondasi Tubuh
Seperti yang sudah disebutkan tadi, salah satu fungsi rangka manusia ialah sebagai pondasi tubuh ataupun sistem yang mampu menyokong berat tubuh. Beberapa tulang yang berfungsi sebagai pondasi inilah yang memungkinkan kita untuk berdiri tegak ataupun duduk bahkan jongkok. Adapun tulang yang berfungsi sebagai pondasi tubuh diantaranya ialah struktur tulang belakang, tulang pinggul, dan juga tulang kaki.
ADVERTISEMENT
Pelindung Organ Vital
Fungsi rangka manusia sebagi pelindung organ vital umumnya disematkan kepada beberapa tulang yang berada di sekitar dada, yakni tulang rusuk. Pasalnya dalam bagian tubuh tersebut terdapat banyak organ vital yang harus dilindungi, misalnya saja seperti jantung dan paru-paru. Ada pula rangka tengkorak yang juga berfungsi untuk menjadi pelindung bagi otak manusia.
Tempat Melekatnya Otot dan Membantu Sistem Gerak
Rangka manusia atau tulang merupakan bagian dari sistem gerak yang bersifat pasif karena tidak bisa benar-benar digerakan tanpa bantuan otot. Sebaliknya otot merupakan alat sistem gerak aktif, namun membutuhkan tulang untuk tempat perlekatannya. Untuk itu, kerja sama antara tulang dan otot dapat membantu kita untuk dapat bergerak secara bebas.
ADVERTISEMENT
Memproduksi Sel Darah
Bagian dari rangka manusia yang berperan untuk memproduksi sel darah ialah tulang belakang yang memiliki sumsum tulang. Selain berfungsi untuk memproduksi sel darah, sumsum tulang juga dapat berperan untuk menghancurkan sel-sel darah yang sudah tua.
Di samping fungsi tadi, rangka manusia juga tentu berfungsi sebagai pemberi bentuk tubuh seseorang. Misalnya saja menjadikan seseorang tampak lebih tinggi ataupun lebih pendek sesuai dengan ukuran tulang atau rangka penyusun tubuh tadi. Sekarang kamu sudah tahu bukan apa saja fungsi rangka manusia? Semoga ulasan tadi dapat menambah wawasanmu ya! (HAI)