News
·
4 Maret 2021 16:21

Garis Nasab Nabi Muhammad Hingga Nabi Ibrahim dan Nabi Adam

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Garis Nasab Nabi Muhammad Hingga Nabi Ibrahim dan Nabi Adam (455308)
searchPerbesar
Ilustrasi Kaligrafi Nabi Muhammad, Foto: Dok. pinterest.com
Sebagai umat muslim, apakah sudah mengetahui garis nasab Nabi Muhammad? Kata “nasab” sendiri berasal dari kata “Al Qorobah” yang memiliki arti kerabat. Oleh karena itu, bisa diartikan bahwa garis nasab merupakan garis keturunan, yang juga bisa dimaknai sebagai silsilah.
ADVERTISEMENT

Silsilah Nabi Muhammad

Dilansir dari skripsi berjudul Analisis terhadap Hisab KH. Noor Ahmad tentang Kelahiran Nabi Muhammad SAW 10 Rabiul Awal – 53 H yang dipublikasi oleh IAIN Walisongo, Nabi Muhammad terlahir dari pasangan Abdullah dan Aminah, yang tidak lain merupakan orang tua Nabi Muhammad. Abdullah sendiri memiliki garis keturunan yang jelas dan terhormat, yakni putra dari Abdul Muththalib bin Hasyim bin Abdu Manaf bin Qushai bin Kilab bin Murrah bin Ka’ab bin Luaiy bin Ghalib bin Fihr bin Malik bin Al-Nadhr bin Kinanah bin Khuzaimah bin Mudrikah bin Ilyas bin Mudhar bin Nizar bin Ma’ad bin Adnan sampai dengan Ismail as. bin Ibrahim as.
Dari Nabi Ibrahim, dapat ditelusuri pula garis nisabnya hingga Nabi Adam. Nabi Ibrahim merupakan putra dari Tarakh bin Nahur bin Saruj bin Ra’u bin Falij bin Abir bin Syalih bin Arfakhsyad bin Sam bin Nuh as. bin Lamak bin Matusyalih bin Idris as. bin Yarid bin Mihlail bin Qinan bin Anusy bin Syits bin Adam as.
ADVERTISEMENT
Sedangkan ibu Nabi Muhammad, Aminah, merupakan putri dari Wahab bin Abdu Manaf bin Zuhrah bin Kilab bin Murrah. Pada masanya, Wahab, ayah Aminah merupakan seorang tokoh keluarga Zuhrah. Maka dari itu dapat disebutkan pula bahwa Aminah juga merupakan wanita yang terhormat asal usulnya.
Dari kedua garis nasab ini, terlihat bahwa Rasulullah memiliki silsilah keturunan dari Nabi Ibrahim, Nabi Nuh, Nabi Idris, hingga Nabi Adam. Terlihat pula bahwa Nabi Muhammad berasal dari keturunan orang-orang terhormat dan mulia. Maka dari itu, Rasulullah kerap kali disebut sebagai “khairul khalq” yang memiliki arti makhluk terbaik, serta “sayyidul anbiya” yang artinya pemimpin para nabi dan rasul.
Demikian ulasan mengenai garis nasab Nabi Muhammad. Semoga artikel ini bermanfaat!
ADVERTISEMENT
(RYFA)