Tekno & Sains
·
4 November 2020 11:02

Google Classroom: Ini Cara Membuat Kolom Pengumpulan Tugas untuk Siswa

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Google Classroom: Ini Cara Membuat Kolom Pengumpulan Tugas untuk Siswa (100185)
Logo Google Classroom. Sumber: ThreeChannel
Google Classroom merupakan aplikasi penunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama pandemi. Tenaga pengajar di Indonesia baik guru maupun dosen tentu sudah familiar dengan aplikasi dari Google ini. G-Classroom menyediakan fitu-fitur yang mampu mendukung proses pembelajaran tetap efektif meskipun hanya dalam jaringan (daring).
ADVERTISEMENT
Jika Anda adalah salah satu tenaga pengajar, Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk membagikan materi kepada siswa baik dalam bentuk kata-kata atau posting-an, pdf, word, bahkan video sekali pun bisa Anda unggah di sini. Salah satu fitur yang cukup keren dan memudahkan Anda dalam memberi penilaian pada siswa adalah adanya kolom pengumpulan tugas yang dilengkapi dengan tenggat waktu.

Cara Membuat Kolom Pengumpulan Tugas di Google Classroom

  1. Buka akun Google Classroom Anda di situs pencarian Google.
  2. Klik menu Classwork.
  3. Klik +Create.
  4. Pilih jenis tugas yang ingin Anda buat kolom pengumpulannya. Ada Assignment, Quiz Assignment, Question, Material, Reuse Post, dan Topic.
  5. Jika ingin membuat kolom pengumpulan tugas yang mengharuskan siswa untuk upload berkas tugas, Anda bisa klik Assignment.
  6. Ketik Judul tugas pada kolom Title.
  7. Tuliskan instruksi mengenai tugas Anda pada kolom Instructions.
  8. Isi tenggat waktu pada klom Due.
  9. Lalu klik Assign.
    Google Classroom: Ini Cara Membuat Kolom Pengumpulan Tugas untuk Siswa (100186)
    Tampilan untuk Membuat Kolom Pengumpulan Tugas. Sumber: Tangkapan Layar Penulis
ADVERTISEMENT
Seluruh siswa yang ada dalam ruang G-Classroom pun akan mengetahui tugas tersebut dan dapat mengumpulkan tugas pada waktu yang ditentukan. Jika ada yang telat mengumpulkan tugas, Google Classroom akan memberikan informasi keterlambatan waktu hanya untuk Anda, guru atau dosen pemilik kelas. Cukup mudah, ya! Terus ikuti berita update Kumparan untuk tahu informasi terkini lainnya, selamat beraktivitas! (RYFA)