Tekno & Sains
·
11 Januari 2021 19:54

Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia Berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia Berdasarkan Undang-Undang Dasar 1945 (42314)
Ilustras Keseimbangan Antarai Hak dan Kewajiban. Sumber: Forbes.com
Hak dan kewajiban warga negara merupakan sebuah kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Secara umum, hak memiliki makna berupa kuasa untuk menerima atau melakukan hal-hal yang seharusnya diterima atau dilakukan oleh pihak tertentu. Sederhananya, hak adalah hal-hal yang seharusnya kita dapatkan. Sedangkan kewajiban adalah hal-hal yang harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab.
ADVERTISEMENT

Hak dan Kewajiban Warga Negara Indonesia

Dilansir dari laman resmi Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia, setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk mendapatkan penghidupan yang layak. Namun, pada kenyataannya banyak warga negara yang belum merasakan kesejahteraan dalam kehidupannya.
Agar bisa mencapai keseimbangan antara hak dan kewajiban itu diperlukan pengetahuan mengenai posisi diri sebagai waga negara. Hal-hal mengenai hak dan kewajiban warga negara Indonesia (WNI) telah tercantum dalam Undang-Undang Dasar 1945.

Hak Warga Negara Indonesia

  • Hak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak. Hal tersebut tercantum dalam UUD 1945 Pasal 27 ayat 2 yang berbunyi, “Tiap warga negara berhak atas pekerjaan dan penghidupan yang layak bagi kemanusiaan”.
  • Hak untuk hidup dan mempertahankan kehidupannya. Hak itu tercantum dalam UUD 1945 Pasal 28A yang berbunyi, “Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya”.
  • Hak untuk mengembangkan diri dan melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya dan berhak mendapat pendidikan, ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya demi kesejahteraan manusia. Hal tersebut tercantum dalam UUD 1945 Pasal 28C ayat 1.
ADVERTISEMENT

Kewajiban Warga Negara Indonesia

  • Warga negara Indonesia wajib menaati hukum dan pemerintahan. Hal tersebut tercantum dalam UUD 1945 Pasal 27 ayat 1 yang berbunyi, “Segala warga negara bersamaan kedudukannya di dalam hukum dan pemerintahan dan wajib menjunjung hukum dan pemerintahan itu dengan tidak ada kecualinya”.
  • Wajib menghormati hak asasi manusia. Hal tersebut tercantum dalam UUD 1945 Pasal 28J ayat 1 yang berbunyi, “Setiap orang wajib menghormati hak asasi manusia orang lain”.
  • Wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara. Adapun pasal yang membahas tentang itu adalah Pasal 27 ayat 3 UUD 1945 yang mengatakan bahwa setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.
Bagaimana sudah paham ya tentang hak dan kewajiban warga negara Indonesia? Terus ikuti Berita Update untuk mengetahui aneka informasi bermanfaat lainnya! (AG)
ADVERTISEMENT

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white