News
·
9 November 2020 18:37

Hand Sanitizer Alami dapat Dibuat dengan Bahan Ini

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Hand Sanitizer Alami dapat Dibuat dengan Bahan Ini (50040)
Hnad Sanitizer Foto: dok Pixabay
Hand sanitizer menjadi salah satu barang bawaan wajib di tengah masa pandemi COVID-19 seperti ini. Hal ini dikarenakan kita harus selalu menjaga kebersihan sekitar terutama tangan kita. Pemakaian hand sanitizer atau cairan pembersih tangan secara rutin disinyalir dapat membantu menghindari penyebaran bakteri dan virus.
ADVERTISEMENT
Kebanyakan cairan pembersih tangan terbuat dari bahan alkohol yang membuat tangan kita kering. Maka dari itu mencoba untuk membuat cairan pembersih tangan sendiri dengan bahan alami mungkin dapat menjadi solusi bagi Anda yang lebih menyukai produk dengan bahan alami. Berikut ini adalah bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai cairan pembersih tangan alami.
Hand Sanitizer Alami dapat Dibuat dengan Bahan Ini (50041)
Daun Sirih untuk Hand Sanitizer Foto: dok KlikDokter

Hand Sanitizer Berbahan Daun Sirih

Seperti yang kita ketahui, daun sirih menjadi salah satu bahan alami yang sering digunakan dalam produk antiseptik. Hal ini dikarenakan Daun sirih memiliki kandungan antiseptik yang juga dapat membunuh virus dan bakteri. Anda dapat membuat cairan pembersih tangan dengan daun sirih yang dicampur jeruk nipis dan air.
Hand Sanitizer Alami dapat Dibuat dengan Bahan Ini (50042)
Gel Lidah Buaya Foto: dok Pixabay

Hand Sanitizer dari Gel Lidah Buaya

Untuk dapat membuat cairan pembersih tangan menggunakan lidah buaya, Anda cukup mengupas lidah buaya dan kemudian dihaluskan bersama daun kemangi. Setelah dihaluskan kemudian saring campuran tersebut untuk mendapatkan ekstraknya. Untuk menambah aroma Anda dapat menambahkan daun jeruk yang dihaluskan atau air bunga lainnya.
Hand Sanitizer Alami dapat Dibuat dengan Bahan Ini (50043)
Daun Kemangi Foto: dok SehatQ

Daun Kemangi untuk Hand Sanitizer

Daun kemangi juga bisa dijadikan cairan pembersih tangan alami. Tak hanya daun sirih, daun kemangi ini juga memiliki kandungan antiseptik sehingga Anda dapat menggunakannya sebagai bahan untuk cairan pembersih tangan. Untuk dapat membuatnya sebagai bahan cairan pembersih tangan anda cukup menghaluskan daun kemangi dan dapat dicampur dengan lidah buaya dan daun jeruk yang dihaluskan.
ADVERTISEMENT
Itu dia sederet bahan alami yang dapat Anda jadikan sebagai bahan utama untuk membuat hand sanitizer dengan bahan alami. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah cairan pembersih tangan ini dibuat tanpa bahan pengawet dan bahan tambahan lainnya maka masa terbaik untuk penggunaan cairan pembersih ini tidaklah lama dan lebih direkomendasikan untuk penggunaan pribadi. Selamat mencoba! (LA)