News
·
3 November 2020 14:41

Hand Sanitizer, Ini Tips Memilih dan Menggunakannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Hand Sanitizer, Ini Tips Memilih dan Menggunakannya (419663)
searchPerbesar
Hand Sanitizer/ foto: Kumparan
Hand sanitizer, sudahkah Anda membawanya saat sedang bepergian atau keluar dari rumah? Di masa pandemi seperti ini, menjaga kesehatan menjadi poin utama dan penting. Benda tersebut membantu Anda agar tidak mudah terinfeksi oleh kuman yang melekat pada tangan. Selain itu, hand sanitizer menjadi solusi alternatif saat tidak ada tempat mencuci tangan.
ADVERTISEMENT
Namun, bukan berati Anda boleh menggunakannya terlalu sering. Hal ini dikarenakan hand sanitizer tidak selalu efektif. Cara yang paling efektif untuk membunuh kuman di tangan adalah dengan mencuci tangan. Jadi, pastikan Anda sering mencuci tangan saat memegang benda yang sering dipegang. Berikut ini tips memilih dan memakai hand sanitizer.

Hand Sanitizer Tanpa Kandungan Alkohol

Salah satu tips yang bisa Anda pilih dalam memilih hand sanitizer yang efektif adalah tanpa mengandung alkohol. Biasanya, hand sanitizer memiliki kandungan alkohol yang sangat tinggi, yakni mencapai 95%. Hal ini tentunya bisa menyebabkan iritasi pada kulit. Apalagi jika digunakan pada anak kecil yang memiliki kulit yang rentan.
Apalagi tanpa sadar anak akan memasukkan tangannya dalam mulut. Tentunya bisa menyebabkan masalah pada anak. Oleh karena itu, Anda bisa memilih produk hand sanitizer yang tanpa alkohol atau menggunakan alkohol yang rendah.
ADVERTISEMENT

Natural

Tips kedua dalam memilih hand sanitizer adalah natural. Jika Anda berniat untuk menggunakannya bersama anak, maka mencari bahan produk tersebut sangat penting. Anda bisa memilih hand sanitizer yang memiliki bahan organik dan natural. Contohnya adalah aloe vera dan chamomile. Kandungan tersebut terbukti ampuh untuk membunuh kuman dan aman.

Bebas dari Pewangi

Hand sanitizer yang memiliki kandungan pewangi bisa memikat anak kecil untuk mencoba dan memasukkannya dalam mulut. Selain itu, produk pembersih tangan yang memiliki pewangi kurang efektif dalam membunuh kuman. Oleh karena itu, Anda bisa memilih produk yang tidak memiliki aroma yang tajam.
Tips memilih hand sanitizer di atas bisa Anda terapkan dari sekarang. Selain itu, dalam penggunaannya perlu diperhatikan. Pertama, jangan terlalu sering dalam menggunakannya. Kedua, pastikan untuk menggunakan produk tersebut sampai kering. Hal ini karena jika masih tersisa, takutnya nanti akan tertelan oleh anak.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white