Hari Besar Agama Khonghucu dan Waktu Perayaannya

Konten dari Pengguna
11 Agustus 2021 19:24 WIB
·
waktu baca 1 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Perayaan hari besar agama Khonghucu. Foto: dok. https://unsplash.com/
zoom-in-whitePerbesar
Perayaan hari besar agama Khonghucu. Foto: dok. https://unsplash.com/
ADVERTISEMENT
Setiap agama memiliki hari besar yang dirayakan dan diperingati sebagai suatu peribadatan yang dijalankan secara khusus. Hal ini berlaku bagi seluruh agama termasuk agama Khonghucu. Berikut ini adalah sederet hari besar agama Khonghucu lengkap dengan waktu perayaannya yang perlu Anda ketahui.
ADVERTISEMENT

Hari Besar Agama Khonghucu dan Peringatannya

Agama Khonghucu merupakan salah satu agama yang diakui di Indonesia. Sama seperti lima agama lainnya, agama Khonghucu juga memiliki beberapa hari besar keagamaan yang diperingati setiap tahunnya. Perayaan hari besar keagamaan ini merupakan hal yang cukup lumrah diperingati di Indonesia meski penduduknya terdiri dari berbagai macam agama.
Hal tersebut juga dipaparkan dalam buku Toleransi Beragama yang disusun oleh Dwi Ananta Devi (2020:32) yang menyebutkan bahwa di Indonesia perayaan hari-hari besar agama sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat dan bangsanya, khususnya para pemeluk agama dan kepercayaan itu sendiri.
Perayaan hari besar agama Khonghucu. Foto: dok. https://unsplash.com/
Hari besar agama Khonghucu yang dirayakan cukup banyak. Dalam buku berjudul Buku Siswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) SMP/MTs Kelas 7 yang ditulis oleh Sri Nurhayati, S.Pd. & Iwan Muharji, S.Pd., M.Pd. (2021:158) disebutkan bahwa terdapat beberapa hari besar umat Khonghucu antara lain:
ADVERTISEMENT
Dari sederet hari besar agama Khonghucu tersebut, perayaan tahun baru Imlek dan perayaan Cap Go Meh menjadi dua hari besar agama khonghucu yang cukup terkenal di masyarakat umum. Hal ini karena kedua perayaan tersebut dirayakan secara besar-besaran, khususnya perayaan tahun baru Imlek yang bahkan dijadikan sebagai hari libur nasional.
ADVERTISEMENT
Pemaparan mengenai hari besar agama Khonghucu ini dapat Anda jadikan sebagai pengetahuan umum khususnya mengenai ragam hari besar keagamaan di Indonesia yang perlu kita hormati agar terciptanya kehidupan yang damai dan rukun antar umat beragama. (DAP)