Food & Travel
·
13 September 2021 15:02
·
waktu baca 3 menit

Hari-hari Besar Setiap Agama di Indonesia beserta Kitab Sucinya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Hari-hari Besar Setiap Agama di Indonesia beserta Kitab Sucinya (111449)
searchPerbesar
ilustrasi shari-hari besar setiap agama di Indonesia, umber gambar: https://www.freepik.com/
Indonesia merupakan negara multikultural yang terdiri dari beragam suku maupun agama. Banyaknya agama di Indonesia menandakan bahwa masyarakatnya memiliki kepercayaan dan religiusitas yang tinggi. Hari-hari besar setiap agama di Indonesia diperingati sebagai hari yang sakral bagi para penganutnya.
ADVERTISEMENT
Mengutip buku Meyakini Menghargai: Ensiklopedia Agama-agama (2018), Ada enam agama yang diakui di Indonesia yang memiliki karakteristiknya masing-masing.
Menurut Pasal 28E ayat (1) UUD 1945, setiap warga negara berhak untuk memeluk agama dan beribadah sesuai agamanya. Dengan menganut suatu agama, maka seorang individu bersedia untuk memperingati hari besar dan mengamalkan kitab suci agama tersebut.

Hari-hari Besar Setiap Agama di Indonesia

Hari-hari Besar Setiap Agama di Indonesia beserta Kitab Sucinya (111450)
searchPerbesar
ilustrasi shari-hari besar setiap agama di Indonesia, umber gambar: https://www.freepik.com/
Apa saja hari-hari besar setiap agama di Indonesia? berikut adalah penjelasan lengkapnya:
1. Islam
Islam merupakan agama yang dianut oleh mayoritas penduduk di Indonesia. Hari besar agama Islam bernama Idul Fitri dan Idul Adha.
Orang yang menganut agama Islam disebut dengan muslim. Kitab suci umat muslim yaitu Alquran, sedangkan tempat ibadahnya yaitu masjid.
ADVERTISEMENT
2. Protestan
Agama protestan muncul usai protes Marthin Luther di tahun 1517. Agama ini merupakan salah satu agama yang dianut oleh penduduk Indonesia dengan persentase pemeluk agama mencapai 6,9%.
Hari-hari besar agama Protestan yaitu Natal, Paskah, Jumat Akbar, Pentakosta dan Kenaikan Yesus. Adapun kitab suci umat Protestan bernama Injil atau Al-Kitab.
3. Katolik
Agama di Indonesia yang selanjutnya yaitu Katolik. Agama ini disebarkan oleh bangsa Portugis di kepulauan Maluku, dan menyebar ke berbagai wilayah di Indonesia seiring berjalannya waktu. Hari besar agama di Indonesia ini yaitu Natal, sedangkan kitab sucinya adalah Al-Kitab.
4. Hindu
Agama Hindu merupakan agama yang dianut oleh sebagian besar masyarakat di Asia Selatan. Agama ini juga dianut oleh masyarakat Indonesia yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Pulau Bali merupakan daerah yang memiliki penganut agama Hindu terbesar di Indonesia. Umat Hindu melakukan ibadahnya di pura.
Hari raya umat Hindu adalah Kuningan, Galungan dan Nyepi. Adapun kitab sucinya yaitu Weda.
5. Buddha
Agama Buddha merupakan agama yang asalnya dari India. Agama ini merupakan salah satu agama tertua di dunia, termasuk Indonesia.
Umat Buddha melakukan sembahyang di Vihara ketika memperingati berbagai upacara keagamaan. Hari-hari besar agama Budak yaitu Waisak, Asadha dan Magha.
6. Khonghucu
Agama Khonghucu merupakan agama terakhir yang diakui di Indonesia. Agama ini berasal dari Tionghoa yang disebarkan di Indonesia melalui aktivitas perdagangan. Kitab suci Khonghucu adalah Shishu Wujing, sedangkan hari besarnya adalah Imlek.
Hari-hari besar setiap agama di Indonesia diperingati dengan ritual maupun tradisi keagamaan yang dilaksanakan dalam waktu-waktu tertentu. Setiap orang yang menganut agama hendaknya melaksanakan ibadah sesuai kepercayaan masing-masing dan menyikapi perbedaan agama dengan menerapkan sikap pluralisme.
ADVERTISEMENT
(DLA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white