News
·
13 Januari 2021 20:12

Ilmu Pengetahuan: Massa Jenis dan Bedanya dengan Berat Jenis

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Ilmu Pengetahuan: Massa Jenis dan Bedanya dengan Berat Jenis (313559)
Pengaruh Masa Jenis Benda terhadap Air Foto: dok Anaton Paar Wiki
Kali ini, kita belajar tentang Ilmu Pengetahuan Alam yuk!
Massa jenis yang dimiliki tiap benda tentu berbeda-beda. Tak hanya massa jenis, berat jenis benda juga dapat berbeda-beda bergantung pada jenis benda. Penjelasan mengenai definisi massa jenis benda dan berat jenis benda serta perbedaan dari keduanya dapat Anda ketahui dalam artikel berikut ini.
ADVERTISEMENT

Ilmu Pengetahuan tentang Massa Jenis dan Berat Jenis: Definisi dan Perbedaannya

Massa jenis benda yang terdapat pada suatu benda sering kali disamakan dengan berat jenis benda. Istilah massa jenis benda dan berat jenis benda yang sudah kita ketahui sejak sekolah menengah ini ternyata memiliki sederet perbedaan yang mencirikan masing-masing istilah tersebut. Meski sudah jelas dua hal ini adalah hal yang berbeda, namun kebanyakan orang masih sering sulit membedakannya bahkan menganggapnya sama.
Sesuai dengan namanya, massa jenis merupakan pengukuran massa tiap volume benda. Semakin tinggi atau besar massa jenis suatu benda, maka semakin tinggi atau besar pula massa setiap volumenya. Massa jenis rata-rata tiap benda adalah total massa dibagi dengan total volumenya.
Ilmu Pengetahuan: Massa Jenis dan Bedanya dengan Berat Jenis (313560)
Perbedaan Masa Jenis Benda sesuai dengan Partikelnya Foto: dok Pinterest
Massa jenis juga disebut sebagai kerapatan suatu zat. Kerapatan suatu zat biasanya dilambangkan dengan ρ (rho), yaitu hasil bagi massa zat oleh volumenya. Hasil perhitungan kerapatan suatu zat ini sesuai dengan sifat utama dari suatu zat, yakni massa dan volume. Massa jenis benda tentu berbeda dengan berat jenis pada benda.
ADVERTISEMENT
Berat jenis pada benda adalah pengukuran massa setiap satuan volume benda. Jumlah massa jenis benda berpengaruh pada berat jenis benda. Semakin tinggi massa jenis suatu benda, maka semakin besar pula massa setiap volumenya. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa massa jenis benda merupakan total massa dan total volume, maka dari itu sudah jelas bahwa jumlah berat jenis benda mempengaruhi massa jenis benda.
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, massa jenis merupakan pengukuran massa setiap volume benda. Semakin tinggi massa jenis suatu benda, maka semakin besar pula massa setiap volumenya. Massa jenis rata-rata setiap benda ialah total massa dibagi dengan total volumenya.
Satuan massa jenis berdasarkan sistem satuan internasional adalah Kg/m3 atau Kg·m−3. Massa jenis berfungsi untuk menentukan zat. Setiap zat memiliki massa jenis yang berbeda. Dan satu zat berapapun massanya berapapun volumenya akan memiliki massa jenis yang sama. Ilmu pengetahuan tentang massa jenis benda dapat Anda terapkan dan juga menjadi wawasan baru yang berguna bagi kehidupan Anda. (DA)
ADVERTISEMENT