News
·
11 Februari 2021 20:22

Imlek Kerbau Logam dan Fakta Tentang Imlek

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Imlek Kerbau Logam dan Fakta Tentang Imlek (223688)
Imlek. Foto: dok CareerProfessor.works
Tahun baru Imlek yang pada tahun ini dirayakan dengan hari libur yang cukup panjang ini merupakan Imlek Kerbau Logam yang juga memiliki makna tersendiri. Anda dapat mengetahui lebih dalam mengenai tahun baru Imlek dan juga makna tentang Imlek kerbau logam dalam ulasan berikut ini.
ADVERTISEMENT

Imlek Kerbau Logam dan Fakta Menarik Tentang Imlek

Tahun baru Imlek tahun ini merupakan Imlek kerbau logam. Seperti yang kita ketahui, setiap tahun dalam kalender Cina diberi zodiak hewan atau shio yang berjalan dalam siklus setiap 12 tahun sekali. Tahun ini tentu berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu tahun tikus maka tahun ini adalah tahunnya shio Kerbau.
Imlek Kerbau Logam dan Fakta Tentang Imlek (223689)
Tahun Baru Imlek. Foto: dok Unsplash
Masing-masing tahun dengan Shio ini memiliki perlambangan dan juga makna tersendiri. Imlek tahun kerbau logam ini memiliki makna sebagai tahun yang seperti dengan sifat yang dimiliki kerbau. Sifat kerbau yang kuat dan juga tak mudah jatuh bahkan diberikan beban yang berat sehingga dapat digunakan untuk bekerja keras.
Kerbau juga berarti ketabahan, kesabaran, keteguhan hati, dan juga memiliki kemauan yang keras untuk mendapatkan apa yang diimpikan sehingga tidak mudah putus asa dan juga keras kepala. Tahun baru Imlek kerbau logam dimulai sejak tanggal 12 Februari 2021 hingga tanggal 30 Februari tahun 2022.
ADVERTISEMENT
Tahun-tahun sebelumnya yang juga termasuk ke dalam Shio Kerbau adalah 1961, 1973, 1985, 1997, 2009, 2021, 2033. Shio kerbau ini akan terjadi setiap 12 tahun sekali, maka untuk shio selanjutnya akan terjadi 12 tahun selanjutnya yaitu tahun 2033. Perayaan Imlek ini diikuti dengan perayaan Cap Go Meh yang dirayakan setiap tanggal 15 pada bulan pertama dengan sistem kalender atau penanggalan Tionghoa.
Di Indonesia, Imlek hanya dirayakan selama satu hari namun tradisi tahun baru Imlek pada negara asalnya tetap diperingati selama dua minggu hingga perayaan Cap Go Meh tiba.
Tradisi tahun baru Imlek dirayakan dengan cara yang berbeda-beda di setiap komunitas Tionghoa. Namun, sebagian besar perayaan tahun baru Imlek ini melibatkan kembang api, pertemuan keluarga, pesta, makan-makan besar dan juga memberi penghormatan kepada leluhur.
ADVERTISEMENT
Tahun Baru Imlek ini juga dijadikan sebagai momen yang tepat untuk memberikan ucapan dan juga doa baik untuk menyambut tahun yang akan datang. Maka dari itu setiap perayaan tahun baru Imlek bertebaran ucapan-ucapan serta doa-doa baik untuk kerabat agar keinginannya dapat tercapai di tahun selanjutnya.
Itu dia sedikit fakta tentang Imlek kerbau logam dan juga fakta-fakta menarik tentang Imlek. Semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan Anda tentang Imlek! (DA)