Woman
·
24 Februari 2021 8:01

Ini Dia Jenis Aglonema Cantik untuk Dekorasi Rumah

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Ini Dia Jenis Aglonema Cantik untuk Dekorasi Rumah (252123)
searchPerbesar
Foto: Pixabay
Jenis Aglonema yang cantik untuk dijadikan hiasan rumah akan kita bahas dalam artikel ini. Beberapa saat yang lalu, memelihara tanaman hias menjadi hobi baru yang banyak digemari oleh para ibu rumah tangga.
ADVERTISEMENT
Aglonema adalah tanaman yang tidak berzat kayu dan memiliki beragam spesies. Selain itu, aglonema memiliki daun yang cukup kuat dan tidak mudah rontok. Tanaman ini juga tidak membutuhkan air yang banyak, dan bisa menjadi tanaman indoor maupun outdoor (Don, Threes, dan Hadibroto, 2006: 116).
Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 300-400 m dpl dengan suhu ideal sekitar 23-30 derajat celsius. Aglonema memerlukan sirkulasi udara yang baik dan cocok untuk tumbuh di tempat semi naungan tanpa terkena sinar matahari langsung (Evinola, 2019: 36-37).

Jenis Aglonema

Aglonema memiliki 30 spesies yang tersebar di Indonesia hingga ke luar negeri. Julukan lain dari tanaman ini adalah Sri Rejeki atau dipanggil Chinese Evergreen di luar negeri.
ADVERTISEMENT
Berikut beberapa jenis aglonema yang cocok kamu tanam untuk dekorasi rumah:
1. Aglonema Bidadari
Jenis aglonema yang satu ini memiliki kombinasi warna yang sangat cantik sehingga dijual cukup mahal. Memiliki warna kuning, jingga, pink, dan hijau serta tangkai merah muda yang pada ujungnya tumbuh bercak-bercak hijau.
2. Pride of Sumatera
Tanaman ini juga aglonema yang terhitung mahal karena merupakan generasi awal aglonema yang berwarna merah. Tanaman ini memiliki bentuk yang kokoh dengan daun yang berbentuk elips memanjang. Tangkai daun berwarna pink dengan bercak-bercak hijau gelap, merah, pink, dan tulang daun yang merah menyala.
3. Moonlight
Tanaman aglonema ini menjadi salah satu jenis terbaik Indonesia. Tampilannya berbentuk daun yang membulat dan cekung seperti mangkuk. Memiliki corak tegas dan tulang daun berwarna merah.
ADVERTISEMENT
4. Adelia
Tanaman aglonema ini juga memiliki warna khas merah dan memiliki daun berujung runcing dengan warna merah. Daunnya cukup besar, mengkilat, dan memiliki kombinasi warna merah dan hijau yang cantik. Tanaman ini bisa tumbuh hingga 30 cm jika tanahnya subur.
5. Legacy
Tanaman aglonema Legacy termasuk dalam golongan aglonema yang mahal. Tanaman ini memiliki warna hijau kekuningan dengan bercak hijau gelap yang tersebar di permukaan daunnya. Bentuk daunnya meruncing pada bagian ujungnya.
6. Claudia
Tanaman ini memiliki warna hijau yang pucat atau hijau kekuning-kuningan. Aglonema ini berasal dari Thailand dan biasanya diletakkan di dekat jendela.
7. Siam Aurora
Tanaman aglonema yang satu ini dijuluki tanaman lipstik karena pinggiran daunnya yang berwarna merah layaknya memakai lipstik. Aglonema ini memiliki daun dengan warna merah dan warna hijau yang mengkilap.
ADVERTISEMENT
8. Widuri
Aglonema yang satu ini memiliki tulang daun yang berwarna merah menyala dan helaian daunnya berwarna kuning dengan sedikit bercak hijau. Daunnya berbentuk oval dan permukaan yang agak cekung.
9. Cinta
Tanaman ini menjadi salah satu favorit para pecinta tanaman. Memiliki warna daun dengan kombinasi hijau, kuning, oren, dan pink.
10. Red Kochin
Tanaman aglonema ini memiliki warna merah dengan tepian daun yang berwarna hijau. Disebut juga sebagai Manee Srisuk, aglonema ini juga memiliki berbagai varian seperti aglonema kochin brown, aglonema kochin pink dan lainnya.
Itu dia beberapa jenis aglonema, semoga bermanfaat!
(Linda Fahira Putri)