Tekno & Sains
·
23 Februari 2021 14:54

Inilah Mekanisme Perpindahan Kalor Atau Energi, dan Penjelasannya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Inilah Mekanisme Perpindahan Kalor Atau Energi, dan Penjelasannya (1091)
Foto: Pexels
Perpindahan kalor dapat didefinisikan sebagai suatu proses berpindahnya suatu energi (kalor) dari satu daerah ke daerah lain. Perpindahan tersebut terjadi karena adanya perbedaan temperatur pada daerah tersebut.
ADVERTISEMENT
Menurut JP Holman dalam bukunya yang berjudul Perpindahan Kalor tahun 1994, pengertian dari perpindahan kalor adalah sebagai berikut:
Perpindahan panas atau perpindahan kalor merupakan ilmu untuk meramalkan perpindahan energi dalam bentuk panas yang terjadi karena adanya perbedaan suhu di antara benda atau material.

Mekanisme perpindahan kalor atau energi

Mekanisme perpindahan kalor yaitu konduksi, konveksi, dan radiasi, berikut ini adalah ulasannya:
Konduksi
Perpindahan kalor secara konduksi merupakan proses perpindahan kalor di mana kalor mengalir dari daerah yang bertemperatur tinggi ke daerah yang bertemperatur rendah dalam suatu medium (padat, cair atau gas).
Perpindahan kalor secara induksi juga terjadi antara medium-medium yang berlainan yang bersinggungan secara langsung sehingga terjadi pertukaran energi dan momentum.
ADVERTISEMENT
Hubungan dasar aliran panas melalui konduksi merupakan perbandingan antara laju aliran panas yang melintas permukaan isothermal dan gradient yang terdapat permukaan tersebut, dan berlaku pada setiap titik dalam suatu benda pada setiap titik dalam suatu benda pada setiap waktu yang dikenal dengan hukum Fourier.
(Persamaan Konduksi (Hukum Fourier-1822) Jean Baptiste Joseph Fourier 1768-1830)
Konveksi
Konveksi merupakan perpindahan panas karena adanya gerakan/aliran/ pencampuran dari bagian panas ke bagian yang dingin. Contoh: kehilangan panas dari radiator mobil, atau pendinginan dari secangkir kopi.
Perpindahan kalor konveksi diklasifikasikan menjadi dua:
  • Konveksi bebas (free convection), dimana gerakan fluida disebabkan karena adanya perbedaan kerapatan karena perbedaan suhu.
  • Konveksi paksa (forced convection), terjadi jika gerakan fluida disebabkan oleh gaya pemaksa / eksitasi dari luar, misalkan dengan pompa atau kipas yang menggerakkan fluida sehingga fluida mengalir di atas permukaan.
ADVERTISEMENT
Radiasi
Radiasi adalah proses di mana panas mengalir dari benda yang bersuhu tinggi ke benda yang bersuhu rendah bila benda-benda itu terpisah di dalam ruang.
Radiasi juga bisa terjadi jika terdapat ruang hampa di antara benda - benda tersebut. Energi radiasi dikeluarkan oleh benda karena temperatur, yang dipindahkan melalui ruang antara, dalam bentuk gelombang elektromagnetik. Bila energi radiasi menimpah suatu bahan, maka sebagian radiasi dipantulkan, sebagian diserap dan sebagian diteruskan.
Demikian, semoga bermanfaat. (Adelliarosa)

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white