Jakarta Lockdown? Ini yang Harus Dipersiapkan

Konten dari Pengguna
25 Agustus 2020 20:37 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Update tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Jakarta Lockdown? Foro: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Jakarta Lockdown? Foro: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sejak wabah virus corona menyebar pada akhir Februari lalu, opsi wilayah Jakarta lockdown atau karantina semakin santer terdengar. Hingga saat ini, pemerintah tidak memberlakukan karantina secara penuh seperti yang dilakukan China atau Italia.
ADVERTISEMENT
Indonesia hanya memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) untuk setiap wilayah. Sebenarnya, setiap negara memiliki aturan sendiri terkait karantina wilayah.
Di Indonesia, karantina wilayah diatur pada Undang-undang No. 6/2018 Bab VII Penyelenggaraan Kekarantinaan Kesehatan di Wilayah.
Dari berbagai jenis karantina yang diatur dalam undang-undang tersebut, Pemerintah Indonesia memilih karantina jenis yang keempat yaitu pembatasan sosial berskala besar atau PSBB.

Jakarta Lockdown? Ini yang Harus Dipersiapkan

DKI Jakarta memberlakukan karantina jenis terakhir yaitu PSBB. Sesuai undang-undang, PSBB yang berlaku sejak awal April 2020 lalu, sejumlah tempat-tempat yang menjadi sumber keramaian seperti sekolah, kantor, hingga mall tidak diperbolehkan untuk beroperasi.
Pemerintah sudah mewanti-wanti untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Masyarakat juga dianjurkan untuk belajar atau bekerja dari rumah.
ADVERTISEMENT
Mengapa memilih PSBB daripada Jakarta Lockdown?
Karena banyak hal yang harus dipertimbangkan dan dipersiapkan. Beberapa persiapan yang terkait masyarakat antara lain:
1. Uang simpanan
Persiapan yang pertama yaitu uang simpanan. Uang simpanan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok. Karena, selama masa karantina biasanya akses ke suatu wilayah akan ditutup dan kerumunan sosial tidak diperbolehkan, sehingga penting untuk mengeluarkan uang simpanan.
2. Bahan makanan
Persiapan yang kedua yaitu bahan makanan. Karena dalam waktu lama tidak diperbolehkan untuk keluar rumah, sebaiknya setiap orang sudah memiliki stok yang cukup setidaknya untuk 2 hingga 3 hari. Jangan menimbun terlalu banyak bahan makanan karena dapat menyebabkan kebusukan.
3. Berolahraga
Hal yang tak kalah penting yaitu berolahraga. Meskipun hanya berdiam diri di rumah, berolahrga penting dilakukan agar badan tetap sehat.
ADVERTISEMENT
Itulah jenis-jenis dan persiapan jika karantina wilayah seperti Jakarta lockdown diberlakukan.