News
·
9 April 2021 22:05

Jenis-jenis Bahan Taslan dan Penggunaannya untuk Pakaian

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Jenis-jenis Bahan Taslan dan Penggunaannya untuk Pakaian (253492)
Bahan Tekstil. Foto: dok. https://www.unsplash.com
Setiap manusia pasti memerlukan pakaian untuk melindungi diri dan juga mentaati norma kesopanan yang ada dalam masyarakat. Setiap pakaian yang kita gunakan memiliki bahan dan juga fungsi yang berbeda-beda. Seperti bahan taslan, yang merupakan bahan khusus untuk membuat pakaian yang memiliki fungsi khusus. Untuk mengetahui seperti apa bahan taslan dan juga penggunaannya dalam industri tekstil, berikut ini penjelasan singkatnya.
ADVERTISEMENT

Penggunaan Bahan Taslan dalam Pakaian dan Kelebihan Serta Kekurangannya

Bahan taslan merupakan salah satu bahan dalam industri tekstil yang memiliki fungsi dan kegunaan khusus. Hal ini karena bahan taslan memiliki karakteristik yang berbeda dengan kain pada umumnya.
Dalam buku berjudul Pendidikan: Jasmani 3: Olahraga dan Kesehatan, Tim Penjas SD (2007:50) menyebutkan bahwa kegunaan pakaian antara lain untuk melindungi tubuh dari sengatan matahari, melindungi tubuh dari penyakit, melindungi tubuh dari terpaan angin dan menambah rasa percaya diri.
Fungsi dan kegunaan khusus pakaian yang kita gunakan dapat kita ketahui dari bahan penyusunnya. Misalnya bahan taslan.
Bahan taslan merupakan salah satu jenis bahan modern yang dibuat dengan menggunakan teknologi yang canggih. Bahan taslan dibuat dari serat polyester yang kuat sehingga bahan taslan menjadi bahan yang awet dan tahan lama. Meskipun terbuat dari polyester, bahan taslan dapat membuat keringat cepat menguap.
ADVERTISEMENT
Hal ini membuat bahan taslan menjadi bahan yang tepat untuk digunakan sebagai bahan dasar pakaian atau jaket olahraga karena pada saat olahraga, produksi keringat kita akan lebih banyak dari biasanya. Bahan taslan ini juga dapat Anda temukan pada pakaian lainnya seperti jaket bomber atau pakaian yang digunakan saat kita berkeringat.
Pemaparan singkat mengenai bahan taslan dan pemakaiannya pada pakaian dapat Anda jadikan sebagai pengetahuan baru yang bermanfaat bagi Anda khususnya mengenai bahan pakaian dan fungsinya. (DA)